Tautan-tautan Akses

Eropa Terus Dibanjiri Migran


Para migran dari negara-negara Afrika berada di perairan Libya dengan perahu karet, untuk berusaha menuju ke Italia hari Minggu (5/3).

Untuk tahun ke-4, kapal-kapal yang penuh dengan migran yang menyeberangi Laut Tengah dari Libya ke Italia telah mulai dengan laju rekor, dan para petugas SAR baru-baru ini menolong kira-kira 500 orang sementara hampir 1.300 orang mendarat di tiga pelabuhan di Sisilia, kata Pengawal Pantai hari Minggu (5/3).

Hari Jumat, pengawal pantai Italia mengatakan jumlah migran yang diselamatkan dalam operasi pertolongan tahun ini telah melampaui 15.000 orang. Sementara itu, taksiran terakhir oleh badan pengungsi PBB jumlah yang meninggal dalam tahun 2017 saja telah mencapai 440 orang.

Organisasi-organisasi bantuan telah mengatakan banjir migran itu didorong oleh keadaan hidup yang memburuk bagi migran di Libya dan oleh kekhawatiran rute laut ke Eropa mungkin akan segera ditutup bagi penyelundup manusia.

Migran yang telah berhasil menyeberangi Laut Tengah sebegitu jauh tahun ini memberitahu kekerasan dan kebrutalan yang meningkat di Libya, di mana faksi-faksi yang bermusuhan bertempur untuk memperebutkan kekuasaan.

Kira-kira setengah juta orang migran dan pengungsi telah tiba di Italia sejak awal tahun 2014, dan dengan jumlah rekor 181 ribu orang yang tiba dalam tahun 2016. [gp]

XS
SM
MD
LG