Tautan-tautan Akses

Eropa Lakukan Pemungutan Suara Paket Dana Talangan Yunani Senin


Ketua Menteri Keuangan zona Euro, Jean-Claude Juncker (kiri) dan Menkeu Yunani Evangelos Venizelos di Brussels (9/2).

Ketua Menteri Keuangan zona Euro, Jean-Claude Juncker (kiri) dan Menkeu Yunani Evangelos Venizelos di Brussels (9/2).

Ketua para Menteri Keuangan zona Euro, Jean-Claude Juncker, berharap akan dapat mencapai kesepakatan dana talangan itu.

Para menteri keuangan zona Euro diperkirakan akan melakukan pemungutan suara sesegera hari Senin mengenai apakah akan mengotorisasi paket dana talangan kedua untuk Yunani.

Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos mengatakan kepada wartawan Rabu malam bahwa negaranya telah memenuhi dua persyaratan terakhir yang ditetapkan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk memperoleh dana talangan sebesar 172 miliar dolar.

Venizelos mengatakan penyerahan komitmen tertulis untuk memangkas lagi pengeluaran sebesar 470 juta dolar, dan persetujuan parlemen untuk melakukan langkah-langkah penghematan pada hari Minggu lalu seharusnya memuaskan para pengecam yang mempertanyakan komitmen Yunani untuk menyelesaikan masalahnya.

Para menteri keuangan zona Euro sebelumnya merencanakan untuk melakukan pemungutan suara mengenai paket dana talangan hari Rabu, namun sebagian dari 17 anggota mengeluh mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mengkaji dokumen-dokumen yang diserahkan Yunani, sehingga pemungutan suara dibatalkan.

Ketua dari menteri-menteri keuangan zona Euro, Jean-Claude Juncker, mengatakan ia berharap para menteri akan dapat mencapai kesepakatan mengenai dana talangan itu pada pertemuan hari Senin.

Yunani mengatakan, tanpa dana talangan baru sebesar 172 miliar dolar, negara itu akan bangkrut sewaktu obligasi pemerintah jatuh tempo bulan depan. Dana talangan baru itu merupakan paket yang kedua dalam dua tahun terakhir.

XS
SM
MD
LG