Tautan-tautan Akses

Eropa Basmi Sindikat Kejahatan Cyber Dunia


Gedung markas besar Europol di Den Haag, Belanda (Foto: dok).

Gedung markas besar Europol di Den Haag, Belanda (Foto: dok).

Sinkholing mengacu kepada teknik yang digunakan oleh polisi yang mengalihkan lalu-lintas internet yang berasal dari peretas kriminal ke server yang dikendalikan oleh penegak hukum.

Badan penegak hukum Uni Eropa, Europol mengatakan, Kamis (2/12),
telah menangkap lima orang yang terlibat dalam operasi kejahatan online dan menyita 39 server komputer, menyusul penyelidikan internasional selama empat tahun.

Lembaga kepolisian dari seluruh dunia dan mewakili 30 negara berpartisipasi dalam upaya ini, yang menghentikan operasi sebuah kelompok kriminal yang menyebabkan kerugian ratusan juta dolar lewat serangan di dunia maya, demikian menurut sebuah pernyataan tertulis yang dirilis oleh Europol.

"Lebih dari 800.000 domain disita, di-sinkhole atau di-blokir," kata pernyataan itu. Sinkholing mengacu kepada teknik yang digunakan oleh polisi yang mengalihkan lalu-lintas internet yang berasal dari peretas kriminal ke server yang dikendalikan oleh penegak hukum. Kalau dilaksanakan sepenuhnya, taktik itu menghentikan peretas kriminal memperoleh akses ke komputer korban mereka yang sudah terinfeksi oleh virus komputer.

Sarana kejahatan itu sudah ada sekitar tiga tahun sebelum polisi memulai penyelidikan mereka pada tahun 2012. [ps/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG