Tautan-tautan Akses

Eritrea, Ethiopia Saling Tuduh atas Bentrokan di Perbatasan


Dua tentara Eritrea berjaga-jaga di perbatasan dengan Ethiopia di atas Gunung Eigar. (Foto: Dok)

Dua tentara Eritrea berjaga-jaga di perbatasan dengan Ethiopia di atas Gunung Eigar. (Foto: Dok)

Kedua pemerintah saling tuduh pihak lain yang memulai pertempuran untuk mengalihkan perhatian dari masalah politik dan oposisi dalam negeri.

Ethiopia dan Eritrea saling menyalahkan atas bentrokan di perbatasan yang memicu ketegangan lama antara negara bertetangga di Afrika Timur itu dan menewaskan banyak korban.

Kedua pihak mengklaim menang dalam bentrokan yang terjadi hari Minggu (12/6) dan Senin di kota Tsorona, Eritrea, yang merupakan kawasan pertempuran dalam perang perbatasan yang terjadi antara tahun 1998 sampai tahun 2000.

Eritrea mengatakan, serangan Ethiopia "dipukul balik" dan banyak korban jiwa di pihak Ethiopia, sementara Ethiopia mengatakan pasukannya melemahkan kemampuan tentara Eritrea untuk meluncurkan serangan lebih lanjut. Kedua pihak tidak menyebutkan jumlah yang tewas dan luka-luka.

Berbicara kepada wartawan di Addis Ababa Selasa, Menteri Komunikasi Ethiopia, Getachew Reda mengatakan, pertempuran berhenti Senin tengah hari dan pasukan Ethiopia menarik diri dari lokasi bentrokan " setelah tujuan kami tercapai."

Dia mengatakan Ethiopia "memilih untuk menghindari perang terbuka" dengan Eritrea, tapi pemerintah Ethiopia memperingatkan akan menanggapi jika Eritrea menyerang lagi.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan keprihatinan atas aksi militer itu, meminta kedua belah pihak untuk menahan diri.

Eritrea minta Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk apa yang disebutnya serangan militer Ethiopia.

Perang perbatasan antara Eritrea dan Ethiopia diperkirakan telah menewaskan 70.000 orang. Sejak itu, kedua negara bertempur secara berkala di perbatasan mereka, yang terakhir pada tahun 2012.

Kedua pemerintah saling tuduh pihak lain yang memulai pertempuran untuk mengalihkan perhatian dari masalah politik dan oposisi dalam negeri. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG