Tautan-tautan Akses

6 Negara Serukan Penetapan Harga Karbon Dioksida


Enam negara menyerukan mekanisme untuk menetapkan harga bagi tiap satu ton karbon dioksida yang dihasilkan industri (foto: ilustrasi).
Enam negara menyerukan mekanisme untuk menetapkan harga bagi tiap satu ton karbon dioksida yang dihasilkan industri (foto: ilustrasi).

Perancis, Jerman, Chile, Meksiko, Ethiopia dan Kanada menyerukan mekanisme untuk menetapkan harga bagi tiap satu ton karbon dioksida yang dihasilkan industri.

Pemimpin enam negara dan Bank Dunia menyerukan kepada seluruh negara untuk menetapkan harga emisi karbon dioksida guna mengatasi pemanasan global.

Pemimpin Perancis, Jerman, Chile, Meksiko, Ethiopia dan Kanada menyerukan semacam mekanisme yang menetapkan harga untuk setiap satu ton karbon dioksida yang dihasilkan industri. Mekanisme itu dapat berbentuk pajak sederhana atau sistem perdagangan kredit karbon yang lebih rumit.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan, “Kita tidak bisa terus menerus mencemari planet dengan laju yang sekarang ini. Penetapan harga karbon ini penting untuk menurunkan tingkat emisi.”

Kim mengatakan jumlah negara, propinsi, kota dan distrik yang telah menetapkan harga emisi per karbon telah meningkat tahun lalu.

Presiden Chile Michelle Bachelet mengatakan “energi yang murah dan tidak ramah lingkungan akan menimbulkan kerugian besar bagi planet dan kesehatan rakyat kita.” [em]

XS
SM
MD
LG