Tautan-tautan Akses

AS

6 Narapidana California Derita Penyakit Legiuner


Penjara San Quentin di California.

Penjara San Quentin di California.

Legiuner (Legionnaires) adalah semacam penyakit pernafasan sangat akut yang disebabkan oleh bakteri Legionella.

Sedikitnya enam narapidana penjara negara bagian San Quentin, California, positif menderita penyakit Legiuner (Legionnaires), semacam penyakit pernafasan sangat akut yang disebabkan oleh bakteri Legionella.

Pihak berwenang juga mengamati 51 narapidana lain yang diduga juga tertular penyakit ini. Temuan ini memicu penangguhan kunjungan, penghentian pemberian makanan panas dan pembatasan pasokan air minum di penjara tertua di California itu.

Juru bicara Departemen Pemasyarakatan dan Rehabilitasi di California, Dana Simas mengatakan, sedikitnya 51 narapidana sedang diobservasi di unit medis penjara untuk mengetahui kemungkinan tertular penyakit pernafasan tersebut.

Layanan masak di penjara itu dihentikan karena bakteria Legionella diketahui berkembang biak di dalam air dan menyebar melalui molekul-molekul air. Saat ini para narapidana menerima makanan kotak yang dipasok dari luar penjara.

Sejak pekan lalu, penggunaan air bersih juga dibatasi ketika seorang narapidana dilarikan ke rumah sakit karena penyakit tersebut. Petugas penjara membawa air minum dalam botol dan tangki-tangki air berukuran sangat besar untuk melayani 3.700 narapidana dan 1.200 petugas penjara. Belum ada satu orang petugas pun yang tertular penyakit ini.

Penyakit Legiuner yang disebabkan oleh bakteri Legionella ini dikategorikan sebagai jenis penyakit pneumonia atau gangguan pernafasan akut, yang bisa menimbulkan demam, batuk-batuk dan rasa sangat dingin. Penyakit ini dinilai berbahaya jika terjangkit pada warga lanjut usia atau mereka yang sebelumnya sudah memiliki masalah pernafasan.

Wabah penyakit Legiuner di New York baru-baru ini menyebabkan 128 orang jatuh sakit dan 12 lainnya meninggal dunia. Komisi kesehatan kota New York mendapati bakteri Legionella dari bubungan atap unit pendingin udara di sebuah hotel di daerah Bronx.

XS
SM
MD
LG