Tautan-tautan Akses

4 Tentara NATO Tewas dalam Serangan oleh Polisi Afghanistan


Tentara NATO di Afghanistan (foto: dok). Empat tentara tewas hari Minggu akibat serangan "orang dalam" di bagian selatan Afghanistan.

Tentara NATO di Afghanistan (foto: dok). Empat tentara tewas hari Minggu akibat serangan "orang dalam" di bagian selatan Afghanistan.

Koalisi internasional di Afghanistan mengatakan empat tentara tewas hari Minggu akibat serangan "orang dalam" di bagian selatan negara itu.

Pemerintah daerah provinsi Zabul mengatakan ke empat tentara itu adalah warga Amerika, dan bahwa pembunuhnya adalah seorang perwira polisi Afghanistan. Pejabat-pejabat koalisi belum mengidentifikasi tentara yang tewas itu.

Serangan hari Minggu itu terjadi sehari setelah dua prajurit Inggris ditembak tewas oleh seorang polisi Afghanistan di provinsi Helmand, Afghanistan selatan.

Serangan mematikan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan yang disebut “orang dalam” oleh pasukan Afghanistan terhadap mitra internasional mereka, mengancam kemitraan militer antara NATO dan Afghanistan.

Dalam perkembangan lain, pejabat-pejabat koalisi hari Minggu mengatakan pemberontak yang menyerang pangkalan militer Inggris di Afghanistan hari Jumat dan menewaskan dua marinir Amerika, berseragam Angkatan Darat Amerika dan bersenjata senapan otomatis, granat berpeluncur roket, dan rompi bunuh diri.

Koalisi tersebut mengatakan ke 15 militan itu terbagi dalam tiga tim, dan "melakukan serangan yang terkoordinasi dengan baik" terhadap lapangan terbang di Camp Bastion, provinsi Helmand. Aliansi itu mengatakan penyerang merusak enam jet Harrier dan "secara signifikan merusak" dua pesawat lain. Militan juga merusak tiga tempat pengisian bahan bakar milik koalisi dan enam hanggar pesawat.
XS
SM
MD
LG