Tautan-tautan Akses

40 Orang Hilang, Diduga Tewas Setelah Badai Salju di Nepal


Tentara Nepal, anggota tim SAR membawa korban salju longsor ke daerah yang aman di Thorong La di Nepal, 17 Oktober 2014.

Tentara Nepal, anggota tim SAR membawa korban salju longsor ke daerah yang aman di Thorong La di Nepal, 17 Oktober 2014.

Sedikitnya 40 orang belum ditemukan, dan diduga tewas, setelah badai salju maut tiba-tiba menghantam jalur pendakian populer di Himalaya itu pekan lalu.

Tim-tim pencari Nepal dengan helikopter terus menyisir daerah di dataran tinggi itu dalam operasi yang berangsur-angsur berubah, dari semula untuk penyelamatan menjadi pencarian.

Sedikitnya 39 pendaki dipastikan tewas, di antaranya adalah pendaki Kanada, India, Israel, Slowakia dan Polandia, tetapi kebanyakan adalah para pengangkut barang Nepal.

Para pejabat militer menyatakan mereka berharap kondisi cuaca yang membaik akan mempercepat operasi pencarian.

Banyak di antara pendaki sedang berada di jalur Annapurna yang populer di Nepal, di mana badai menyebabkan salju longsor. Sekarang adalah puncak musim pendakian.

Pemerintah Nepal menyatakan gagal mengeluarkan peringatan bahwa ekor siklon yang melanda India dapat membawa cuaca ekstrem ke Nepal. Pemerintah negara itu telah berjanji akan membangun sistem peringatan dini.

Insiden tersebut merupakan bencana besar ke-dua di pegunungan di Nepal pada tahun ini, setelah salju longsor pada April lalu di atas barak pangkalan di Gunung Everest menewaskan 16 pemandu pendakian.

XS
SM
MD
LG