Tautan-tautan Akses

45 Orang Tewas dalam Pertempuran di Somalia


Pasukan Misi Uni Afrika di Somalia menembaki para pejuang al-Shabab di wilayah Shabelle. (Foto: Dok)

Pasukan Misi Uni Afrika di Somalia menembaki para pejuang al-Shabab di wilayah Shabelle. (Foto: Dok)

Dalam sebuah perkembangan lain, sejumlah pria bersenjata menewaskan seorang anggota DPR dan supirnya yang baru saja meninggalkan gedung parlemen di Mogadishu.

Pertempuran di Somalia bagian selatan antara militan al-Shabab dan pasukan pemerintah menewaskan sedikitnya 45 orang, Sabtu (23/5).

Pihak berwenang mengatakan puluhan orang juga terluka ketika para militan al-Shabab yang bersenjata berat melancarkan serangan tiba-tiba terhadap pasukan pemerintah sebelum fajar di distrik Awdigle dan desa Mubarak di wilayah Shabelle selatan, di sebelah selatan ibukota, Mogadishu.

Berbicara kepada VOA, Komisioner Distrik Awdigle Mohamed Aweys Abukar mengatakan 19 tentara pemerintah dan 26 pejuang al-Shabab tewas dalam pertempuran itu.

Pertempuran itu terjadi seminggu setelah al-Shabab merebut wilayah itu selama beberapa waktu menyusul sebuah serangan hebat. Sejak 2006 al-Shabab telah berupaya menggulingkan pemerintah Somalia dan mendirikan sebuah negara Islam yang ketat.

Dalam sebuah perkembangan lain Sabtu, sejumlah pria bersenjata menewaskan seorang anggota DPR dan supirnya yang baru saja meninggalkan gedung parlemen di Mogadishu.

Para pejabat pemerintah mengatakan para penyerangnya menyamar sebagai paramedik dan menumpangi mobil ambulans ketika mereka melepaskan tembakan terhadap Yusuf Dirir. Seorang anggota DPR lain,
Abdalla Boos, terluka dalam serangan itu.

Wakil perdana menteri Somalia, Mohamed Omar Arte, mengatakan penyidikan sedang dilakukan.

XS
SM
MD
LG