Tautan-tautan Akses

AS

4 Produsen Produk Pelangsing di AS Diminta Tarik Iklan


Salah satu produk yang ditarik iklannya adalah suplemen makanan yang diklaim dapat menurunkan berat badan. (Foto: Ilustrasi)

Salah satu produk yang ditarik iklannya adalah suplemen makanan yang diklaim dapat menurunkan berat badan. (Foto: Ilustrasi)

Empat perusahaan penghasil produk penurun berat badan telah diwajibkan untuk menarik iklan berisi klaim pelangsingan dan mengembalikan uang konsumen.

Komisi Perdagangan Federal (FTC) di Amerika Serikat mengumumkan Selasa (7/1) bahwa mereka telah mencapai kesepakatan di luar pengadilan dengan empat perusahaan yang dituduh membuat iklan yang menyesatkan untuk produk-produk penurun berat badan seperti krim kulit.

Badan tersebut telah memenangkan kesepakatan dari L'Occitane, Inc.; Sensa Products LLC; HCG Diet Direct LLC; dan LeanSpa LLC. Kesepakatan itu mewajibkan keempat perusahaan ini untuk menghapus klaim dari iklannya dan dalam beberapa kasus, mengembalikan uang konsumen.

FTC juga mendesak media-media untuk mengawasi iklan-iklan lebih seksama untuk mencegah penerbitan iklan yang berpotensi menyesatkan, dengan mengatakan bahwa beberapa iklan untuk produk-produk -- mulai dari suplemen makanan sampai krim kulit -- muncul di penerbitan umum.

Komisi tersebut memberikan panduan bagi para penerbit atau televisi bagaimana menayangkan klaim-klaim pengurangan berat badan dalam iklan.

Jessica Rich, direktur biro perlindungan konsumen FTC, memperingatkan bahwa elemen pelangsing dalam produk-produk tersebut adalah peluang mereka untuk berhasil.

"Memasukkan sesuatu ke dalam makanan, mengoleskan krim ke paha atau menggunakan suplemen hampir atau tidak mungkin dapat menurunkan berat badan," ujarnya.

Salah satu kesepakatan adalah dengan Sensa, yang mengatakan bahwa bubuk produksinya yang dapat ditaburkan di makanan dapat menurunkan berat badan rata-rata 15 kilogram dalam enam bulan tanpa diet atau olahraga. Hal tersebut diiklankan di televisi, majalah dan di Internet.

Sebuah studi yang dilakukan oleh eksekutif perusahaan Sensa menunjukkan bahwa penurunan berat badan rata-rata hanya hampir 3 kilogram, menurut FTC.

Suplemen untuk konsumsi sebulan tersebut seharga US$59, menurut FTC, dan Sensa sepakat mengembalikan $26,5 juta kepada konsumen.

Sensa sendiri menyatakan tidak merasa melakukan hal yang salah dan bahwa produk tersebut adalah aman.

Sementara itu, FTC mengatakan L'Occitane menjual dua krim kulit yang menjanjikan pengurangan selulit. L'Occitane sepakat membayar $450.000 kepada pelanggan yang sudah membeli.

Tidak ada bukti bahwa krim itu dapat merampingkan paha atau mengurangi selulit, ujar FTC.

Perusahaan ketiga, HCG Diet Direct, menjual cairan mengandung hormon yang katanya dapat membantu orang menurunkan berat badan. Di bawah kesepakatan dengan FTC, perusahaan itu harus membayar $3,2 juta, namun ditunda karena tidak mampu membayar.

FTC juga mencapai kesepakatan dengan LeanSpa, yang menggunakan berita bohong untuk mengiklankan buah acai berry sebagai produk pelangsing ajaib sampai perusahaan itu ditutup oleh FTC dan kejaksaan Connecticut pada 2011. (Reuters/Diane Bartz)
XS
SM
MD
LG