Tautan-tautan Akses

AS

4 Pejabat Tinggi Dinas Rahasia AS Diberhentikan


Para petugas Dinas Rahasia Amerika yang bertugas sebagai paspampres siaga di Gedung Putih (foto: dok).

Para petugas Dinas Rahasia Amerika yang bertugas sebagai paspampres siaga di Gedung Putih (foto: dok).

Empat asisten direktur dinas rahasia AS, untuk penyelidikan, operasi perlindungan, teknologi dan urusan publik telah diberhentikan dari posisi mereka.

Empat pejabat senior Dinas Rahasia Amerika telah dialihtugaskan sebagai tanggapan atas serangkaian keteledoran keamanan yang mempermalukan badan yang bertanggungjawab melindungi Presiden Barack Obama dan keluarganya itu.

Penjabat Direktur Dinas Rahasia Joseph Clancy mengumumkan bahwa asisten-asisten direktur untuk penyelidikan, operasi perlindungan, teknologi dan urusan publik diberhentikan dari posisi mereka.

Clancy mengatakan, keputusan itu didasarkan pada laporan independen yang dikeluarkan Desember lalu yang menggambarkan bahwa badan itu sangat membutuhkan kepemimpinan.

Laporan itu dibuat setelah seorang seorang veteran militer yang membawa senjata, September lalu, melompati pagar Gedung Putih dan berlari masuk ke dalam gedung sebelum akhirnya dilumpuhkan. Kajian internal menyimpulkan, pelatihan yang tidak memadai, pengaturan staf yang buruk dan serangkaian keteledoran mengakibatkan kejadian tersebut.

Insiden itu memicu pengunduran diri direktur Dinas Rahasia Amerika ketika itu Julia Pierson.

XS
SM
MD
LG