Tautan-tautan Akses

Emma dan Noah menjadi nama bayi paling favorit di Amerika Serikat untuk tahun yang baru lalu.

Selain Emma, nama-nama favorit lainnya untuk bayi perempuan adalah Olivia, Sophia, Isabella dan Ava, menurut daftar yang dirilis Jumat oleh badan Social Security Administration di Amerika Serikat. Untuk laki-laki, nama Noah disusul oleh Liam, Mason, Jacob dan William.

Noah menjadi nama paling populer bagi bayi laki-laki untuk dua tahun berturut-turut. Nama Emma kembali menjadi paling favorit untuk pertama kalinya sejak 2008.

Budaya populer dan agama sudah lama mempengaruhi nama-nama yang dipilih oleh para orangtua.

Popularitas nama Emma melonjak di tahun 2002, tahun di mana Rachel, seorang karakter dalam serial TV populer "Friends," menamakan bayinya Emma. Nama Emma dengan konsisten berada di peringkat empat besar bagi perempuan sejak 2002.

"Di era di mana tren datang dan pergi lebih cepat dari sebelumnya, nama Emma punya daya tahan luar biasa," ujar Laura Wattenberg, pendiri BabynameWizard.com. "Emma tampaknya menjadi satu-satunya nama yang disukai di Amerika dalam jangka bertahun-tahun."

Top 10 Nama Bayi Paling Populer di AS 2014
PeringkatLaki-lakiPerempuan
1NoahEmma
2LiamOlivia
3MasonSophia
4JacobIsabella
5WilliamAva
6EthanMia
7MichaelEmily
8AlexanderAbigail
9JamesMadison
10DanielCharlotte






Nama James kembali ke daftar top 10, di nomor 9. Dan untuk pertama kalinya tahun ini, nama Charlotte menembus peringkat 10 besar.

Pangeran William dan Duchess of Cambridge mengumumkan nama putri baru mereka Charlotte. Chelsea Clinton, putri Bill dan Hillary Clinton, juga menamakan putri mereka Charlotte.

"Charlotte tak pelak lagi akan masuk ke peringkat tiga besar dalam tiga tahun ke depan," ujar Jennifer Moss, pendiri dan CEO Babynames.com.

Website Situs Social Security Administration menyediakan daftar 1.000 nama bayi setiap tahunnya, mulai dari tahun 1880. Pada tahun tersebut, nama bayi yang paling populer adalah John dan Mary. John sekarang berada di peringkat 26 dan Mary turun cukup jauh ke peringkat 120.

Para pejabat berharap mereka yang berkunjung ke situs Social Security untuk melihat nama-nama bayi juga akan melihat program-program apa yang dilakukan oleh Social Security. Tahun ini, badan tersebut meluncurkan sebuah blog baru.

Social Security juga menampilkan nama-nama yang paling melejit kepopulerannya. Nama-nama tersebut boleh jadi tidak masuk ke 10 besar atau bahkan 100 besar, tapi nama-nama itu naik paling jauh peringkatnya.

Untuk laki-laki, nama yang paling melejit adalah Bode, naik 645 peringkat ke nomor 783. Bode Miller adalah seorang pemain ski yang bertanding di Olimpiade Musim Dingin tahun lalu.

Bagi perempuan, nama yang paling melesat kepopulerannya adalah Aranza, yang naik 3.625 peringkat ke nomor 607. Aranza adalah nama seorang penyanyi Meksiko yang populer. Ada pula seorang karakter bernama Aranza dalam telenovela Meksiko populer berjudul "Por Siempre Mi Amor" (Untuk Selamanya Cintaku) yang mulai ditayangkan tahun 2013.

"Karena internet dan budaya populer ada di mana-mana sekarang, para orangtua mencari nama bayi dari fiksi, televisi, film, selebriti dan lain-lainnya," kata Moss. "Dan kemudian kedua, teman-teman, keluarga dan silsilah keluarga."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG