Tautan-tautan Akses

Ekuador Lanjutkan Pencarian Koban Gempa


Tim SAR terus melakukan upaya pencarian korban gempa bumi di Manta, Ekuador (19/4).

Tim SAR terus melakukan upaya pencarian korban gempa bumi di Manta, Ekuador (19/4).

Di Ekuador, tim-tim SAR terus mencari korban selamat di antara reruntuhan bangunan akibat gempa 7,8 SR Sabtu lalu, meski pemakaman telah mulai berlangsung bagi lebih dari 500 korban tewas.

Jumlah itu kemungkinan akan terus meningkat karena menurut para pejabat lebih dari 1700 orang masih dinyatakan hilang setelah gempa bumi pertama.

Wakil Menteri Dalam Negeri Ekuador Diego Fuentes mengatakan kepada wartawan, 2000 orang terdaftar untuk dicari, namun sejauh ini tim-tim SAR baru menemukan 300 di antara mereka. Meski demikian Kementerian Pertahanan Ekuador menyatakan, jumlah korban hilang hanya 231 orang.

Menurut perhitungan pemerintah, lebih dari 4.600 orang terluka.

Tim-tim SAR dan penduduk sepanjang pantai Pasifik menggunakan apa saja mulai peralatan berat dan anjing hingga tangan kosong untuk menggali reruntuhan rumah-rumah dan toko-toko. Mereka juga berusaha mendengar kemungkinan adanya suara-suara para korban dari balik reruntuhan.

Presiden AS Barack Obama menelpon Presiden Rafael Correa, Selasa (19/4), untuk menyampaikan duka cita rakyat Amerika atas tragedi itu. Ia meyakinkan Correa bahwa AS akan melakukan segala hal untuk membantu Ekuador pulih. [ab/as]

XS
SM
MD
LG