Tautan-tautan Akses

Ekstradisi Pedagang Senjata Masih Terhambat di Thailand


Viktor Bout, asal Rusia, masih harus menjalani satu sidang ekstradisi lagi, sementara pesawat telah menanti untuk penerbangannya ke AS.

Komplikasi hukum kemungkinan akan menghambat ekstradisi tertuduh pedagang senjata Rusia, Viktor Bout, dari Thailand ke Amerika Serikat, yang dijadwalkan untuk hari ini.

Sebuah pesawat terbang khusus yang dikirim oleh pihak berwenang Amerika sedang menunggu untuk menerbangkan Bout keluar dari Bangkok. Tetapi, pihak berwenang Thailand mengatakan ia harus menjalani satu lagi sidang ekstradisi mengenai tuduhan baru pencucian uang dan penipuan yang diajukan di Amerika Serikat terhadap Bout.

Warga Rusia berusia 43 tahun ini dituduh menawarkan penjualan senjata canggih kepada pemberontak Colombia, FARC, termasuk misil darat-ke-udara, pesawat tak berawak dan senjata anti-tank. Bout ditangkap tahun 2008 dalam operasi rahasia oleh para petugas Amerika yang berpura-pura sebagai perantara FARC.

Rusia dengan kuat menentang usaha untuk mengekstradisi Bout ke Amerika Serikat. Seorang pejabat kedutaan Rusia di Bangkok memberitahu VOA, pihak berwenang Thailand belum memberitahu mereka mengenai kapan ekstradisi tersebut akan dilaksanakan.

XS
SM
MD
LG