Tautan-tautan Akses

Ekspor Kakao Nigeria Meningkat 45 Persen


Seorang petani Nigeria memamerkan biji kakao yang sedang dijemur di sebuah pelataran di desa Iragbiji, barat daya Nigeria (Foto: dok).
Seorang petani Nigeria memamerkan biji kakao yang sedang dijemur di sebuah pelataran di desa Iragbiji, barat daya Nigeria (Foto: dok).

Nigeria memperkirakan akan menerima pemasukan $ 1,3 milyar tahun ini dari ekspor kakao, peningkatan 45 persen atas ekspor dua tahun lalu.

Menteri Pertanian Nigeria mengatakan peningkatan ekspor kakao dapat membantu menggeser ekonomi terbesar Afrika itu menjauhi ketergantungan pada minyak.

Akinwumi Adesina, ketika berbicara pada pertemuan puncak Kakao 2014 di Abuja hari Senin (29/10), mengatakan Nigeria memperkirakan akan menerima pemasukan $ 1,3 milyar tahun ini dari ekspor kakao, peningkatan 45 persen atas ekspor dua tahun lalu.

Wayne Gordon, seorang analis hasil bumi atau komoditi di bank raksasa global UBS, mengatakan kepada jaringan televisi CNBC dalam wawancara baru-baru ini bahwa permintaan yang meningkat akan kakao di seluruh dunia dapat bertahan lama, walaupun jika harga terus naik.

Ia mengatakan kakao saat ini merupakan bagian yang sangat kecil dalam biaya keseluruhan produksi cokelat sehingga perusahaan-perusahaan mungkin dapat membebankan pertambahan biaya itu kepada konsumen dalam harga cokelat.

Recommended

XS
SM
MD
LG