Tautan-tautan Akses

IMF: Ekonomi Global Tumbuh Lebih Cepat Tahun Ini


Ekonom senior IMF, Olivier Blanchard meramalkan ekonomi global akan tumbuh lebih cepat tahun 2014 ini (foto: dok).

Ekonom senior IMF, Olivier Blanchard meramalkan ekonomi global akan tumbuh lebih cepat tahun 2014 ini (foto: dok).

Ekonom senior Dana Moneter Internasional (IMF) hari Selasa (21/1) meramalkan ekonomi dunia akan tumbuh dengan laju lebih cepat tahun 2014 ini dibanding tahun lalu.

Dana Moneter Internasional (IMF) agak lebih optimistis mengenai ekonomi global dan Amerika tahun ini dibandingkan dengan tiga bulan lalu. Dalam prediksi terbaru hari Selasa (21/1), lembaga kreditur global itu memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh 3,7 persen tahun 2014 dan ekonomi Amerika tumbuh 2,8 persen. Prediksi untuk global itu 0,1 persen dan Amerika 0,2 persen lebih tinggi dari perkiraan IMF bulan Oktober 2013.

Kepala Tim Ekonom IMF Olivier Blanchard mengatakan di Washington, bahwa ekonomi global akan tumbuh 3,7 persen tahun ini atau mengalami kenaikan dari angka 3 persen tahun 2013 lalu. Ia mengatakan negara-negara maju di dunia akan tumbuh 2,2 persen tahun ini, dengan pasar yang baru bangkit dan negara berkembang bergerak maju 5,1 persen.

Menurut Blanchard, kendala ekonomi akibat program penghematan pemerintah di beberapa negara Barat mulai berkurang. Dia juga mengatakan sistem keuangan dunia "perlahan pulih" sementara ketidakpastian berkurang.

Namun, kata Blanchard, pemulihan global "lemah dan tidak merata." Dia mengatakan pemulihan ekonomi lebih kuat di Amerika Serikat daripada di Eropa. Ia menyebut negara-negara Eropa utara yang tergabung dalam 18 negara blok mata uang euro dan Inggris tumbuh lebih cepat dibanding di Eropa selatan, kawasan yang digambarkannya sebagai "bagian ekonomi dunia mengkhawatirkan."

Setelah awal yang tersendat-sendat, pertumbuhan perekonomian global meningkat dalam paruh kedua 2013. Pertumbuhan mencapai 3 persen tahun lalu dan IMF memprediksi penguatan lebih besar lagi tahun ini.

IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Amerika 1,9 persen tahun lalu. Hingga 2015, IMF memperkirakan ekonomi Amerika akan naik 3 persen atau 0,4 persen lebih rendah dari perkiraan Oktober lalu.

Untuk negara-negara Eropa pengguna mata uang euro, IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi yang lebih mantap sementara kawasan itu mulai bangkit dari resesi setelah krisis utang berkepanjangan.

Ekonomi Jerman, yang terbesar di Eropa, akan tumbuh 1,6 persen tahun ini, naik dari 0,5 persen tahun lalu, menurut proyeksi IMF.

Ekonomi China diperkirakan tumbuh 7,5 persen tahun ini dan 7,3 persen tahun depan. Kedua proyeksi 2014 dan 2015 itu agak lebih tinggi dari perkiraan IMF bulan Oktober tetapi lebih rendah dari 7,7 persen yang dilaporkan untuk 2013.

Untuk Jepang, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi 1,7 persen tahun ini sama seperti 2013, tetapi melambat menjadi 1 persen pada tahun 2015.
XS
SM
MD
LG