Tautan-tautan Akses

Ekonomi Eropa Menguat Tahun Ini


Ekonomi Eropa sedikit menguat

Ekonomi Eropa sedikit menguat

Pertumbuhan ekonomi di Eropa diperkirakan akan sedikit menguat tahun ini sementara pemulihan ekonomi mulai stabil, menurut perkiraan terbaru Komisi Eropa hari Selasa.

Pertumbuhan ekonomi di ke-18 negara zona euro diprediksi 1,2 persen tahun ini dan 1,8 persen tahun depan, masing-masing lebih tinggi 0,1 persen dari prediksi komisi itu November lalu.

Spanyol jelas terlihat membuka halaman baru setelah resesi dua tahun. Komisi Eropa menggandakan prospek pertumbuhan ekonomi negara itu untuk 2014 menjadi 1 persen, namun tingginya angka pengangguran diperkirakan turun sangat lambat dibawah 26 persen tahun ini.

Untuk zona euro secara menyeluruh, angka pengangguran tampak tidak beranjak pada kisaran rekor tertinggi saat ini 12 persen, turun ke 11,7 persen tahun depan.

Pertumbuhan ekonomi di ke-28 negara Uni Eropa, yang mencakup negara seperti Inggris dan Polandia yang tidak menggunakan mata uang euro, mencapai 1,5 persen tahun ini dan 2 persen tahun depan, kata komisi itu. Prospek itu masing-masing juga direvisi naik 0,1 persen.
XS
SM
MD
LG