Tautan-tautan Akses

Ekonomi dan Energi, Isu Utama Kampanye Pilpres AS

  • Ian Umar

Capres AS dari Partai Republik, mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney menekankan isu kemandirian energi Amerika dalam kampanyenya (23/8).

Capres AS dari Partai Republik, mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney menekankan isu kemandirian energi Amerika dalam kampanyenya (23/8).

Menjelang dimulainya konvensi Partai Republik dan Partai Demokrat dalam dua pekan mendatang, kedua partai menekankan kembali pusat perhatian kampanye mereka dalam isu ekonomi dan energi.

Calon presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, berupaya mengembalikan fokus kampanye pada isu ekonomi setelah beberapa hari belakangan ini terganggu oleh isu-isu lainnya. Mitt Romney mempromosikan usulan program energi yang bertujuan menciptakan 3 juta lebih pekerjaan baru dan membuka lebih banyak lagi daerah pengeboran lepas pantai di dua negarabagian yang secara politik sangat penting, Virginia dan North Carolina.

Romney menekankan isu energi, komponen kunci dari agendanya dalam penciptaan lapangan pekerjaan, untuk mengembalikan perdebatan nasional yang beralih dari lapangan pekerjaan kepada isu-isu seperti pemerkosaan, aborsi, tunjangan kesejahteraan, dan asuransi kesehatan Medicare dalam 2,5 bulan menjelang pemilu.

Kampanye Presiden Barack Obama juga memulai pesan-pesan baru tentang ekonomi hari Kamis dengan iklan televisi yang menampilkan mantan Presiden Bill Clinton. Dalam iklan tersebut, Clinton mengatakan rakyat Amerika memilki “pilihan yang jelas” mengenai kandidat-kandidat yang akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi Amerika.

Bill Clinton mengatakan Obama berencana membangun kembali “Amerika dari bawah ke atas,'' dan mengatakan upaya itu membutuhkan rakyat kelas menengah yang kuat.

Dalam iklan televisi itu Clinton mengatakan “itulah yang terjadi ketika saya menjadi Presiden. Kita harus menjalankan rencana Presiden Obama.''

Mantan Presiden Bill Clinton ikut berkampanye untuk membantu tim kampanye Presiden Obama (foto: dok).

Mantan Presiden Bill Clinton ikut berkampanye untuk membantu tim kampanye Presiden Obama (foto: dok).

Mengandalkan Bill Clinton, Obama berusaha menghubungkan kebijakannya dengan keberhasilan ekonomi Amerika tahun 1990-an. Iklan berdurasi 30 detik itu dikeluarkan ketika Partai Republik berusaha memecah belah Demokrat dengan klaim bahwa Obama ingin melemahkan persyaratan tunjangan kesejahteraan kerja yang telah ditandatangani oleh Bill Clinton tahun 1996.

Bill Clinton akan memiliki peran yang penting dalam konvensi Partai Demokrat dan ia juga akan tampil dalam film kampanye berdurasi 17 menit yang disutradarai Davis Guggenheim.

Romney melakukan perjalanan dari negarabagian Arkansas ke New Mexico hari Kamis untuk membahas apa yang disebut oleh para stafnya sebagai rencana energi komprehensif yang akan menghasilkan pendapatan sebesar $ 1 triliun lebih bagi pemerintah federal, negarabagian dan lokal, ditambah dengan penciptaan jutaan lapangan pekerjaan.

Aspek paling signifikan dari rencana Romney adalah membuka lebih banyak lagi wilayah pengeboran minyak lepas pantai, termasuk di samudera Atlantik, yang sekarang dilarang. Romney juga ingin memberi wewenang kepada negarabagian untuk membangun berbagai bentuk produksi energi di wilayah federal, ini merupakan perubahan yang signifikan dalam kebijakan saat ini dan bisa menghadapi tentangan yang kuat dalam Kongres Amerika.

Pemerintahan Obama mengusulkan rencana yang akan memungkinkan perusahaan-perusahaan energi memulai pengujian seismik untuk menemukan cadangan minyak dan alam di Samudera Atlantik. Perusahaan akan menggunakan informasi itu untuk menentukan lokasi untuk mengajukan kontrak energi, meskipun tidak ada kontrak energi baru yang tersedia hingga tahun 2017.

Rencana Romney tidak terlalu banyak menyebut sumber energi angin, Obama telah mendorong banyak negarabagian seperti Iowa dan Colorado untuk mengembangkan sumber energi angin. Obama mendorong Kongres untuk memperpanjang potongan pajak bagi produsen sumber energi angin, pendekatan ini ditentang Romney.

Pihak kampanye Romney mengatakan strateginya akan mencapai kemandirian energi menjelang tahun 2020.

Obama mengatakan kepada para donor di New York Rabu malam bahwa dalam masa pemerintahannya, ketergantungan pada minyak asing sudah turun di bawah 50 persen untuk pertama kalinya dalam 13 tahun.

“Produksi minyak meningkat. Gas alam bertambah. Tapi kami juga menggandakan sumber energi alternatif dari angin dan matahari. Itu energi bersih, terbarukan, dalam negeri, dan menciptakan lapangan kerja di seluruh Amerika,'' kata Obama.

Romney berusaha untuk mengembalikan fokus ekonomi setelah perbincangan pemilu seminggu ini didominasi oleh komentar anggota Kongres dari Missouri Todd Akin, yang juga adalah kandidat Senat yang mengatakan tubuh wanita mampu menghindari kehamilan dalam apa yang disebutnya “legitimate rape” atau pemerkosaan yang sesuai dengan definisi hukumnya.

Romney menyerukan Akin untuk mundur dari pencalonan dirinya sebagai anggota Senat, tapi Todd Akin sejauh ini tetap menolak.

Dalam kampanye hari Rabu di Iowa dan Arkansas, Mitt Romney menyampaikan pidato mengenai energi, menjanjikan para donor dalam sebuah acara penggalangan dana di Arkansas bahwa “Amerika akan menjadi negara energi mandiri pada tahun terakhir dari masa jabatan saya yang kedua.''

Sementara Obama menyerukan pengurangan sepertiga impor minyak Amerika menjelang tahun 2025. Usul presiden untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri, sebagian bergantung pada tawaran insentif kepada perusahaan yang memiliki kontrak pengeboran lepas pantai dan daratan untuk mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan penggunaan biofuel dan gas alam, dan memproduksi kendaraan-kendaraan yang lebih hemat energi.
XS
SM
MD
LG