Tautan-tautan Akses

Ekonomi China Tunjukkan Indikasi Bangkit Kembali


Barang-barang produksi China siap diekspor di pelabuhan Dalian, China (foto: dok). Ekonomi China menunjukkan tanda pulih sejak krisis global tahun 2008.

Barang-barang produksi China siap diekspor di pelabuhan Dalian, China (foto: dok). Ekonomi China menunjukkan tanda pulih sejak krisis global tahun 2008.

Produksi perindustrian China bulan Agustus mengalami kenaikan 10,4 persen, meningkat dari 9,7 persen bulan Juli, menurut data pemerintah hari Selasa (10/9).

Produksi pabrik-pabrik di China meningkat bulan Agustus pada laju tercepat tahun ini, pertanda baru bahwa ekonomi China, terbesar kedua di dunia, kini mulai pulih dari keterpurukannya sejak krisis global 2008.

Produksi perindustrian naik 10,4 persen, meningkat dari 9,7 persen bulan Juli, menurut data pemerintah hari Selasa.

Tanda-tanda pemulihan ekonomi itu akan meredakan tekanan terhadap para pemimpin China yang hendak fokus pada reformasi struktural jangka panjang yang menurut para analis diperlukan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi tetap kuat.

Investasi di pabrik-pabrik dan aset tetap lainnya naik 20,3 persen dalam delapan bulan pertama tahun ini, dibanding 20,1 persen dalam tujuh bulan pertama, demikian dilaporkan oleh Biro Statistik Nasional China.

Pertumbuhan ekonomi turun ke yang terendah dalam dua dekade, menjadi 7,5 persen pada kuartal kedua tetapi perdagangan, produksi pabrik, penjualan mobil dan indikator-indikator lainnya mengisyaratkan ekonomi China sudah stabil.

Pertumbuhan ekspor meningkat menjadi 7,2 persen pada bulan Agustus dari 5,1 persen pada bulan Juli.

Juga pada bulan Agustus, inflasi konsumen turun sedikit menjadi 2,6 persen dari 2,7 persen pada bulan Juli. Harga-harga grosir yang terus turun selama lebih setahun kini tidak terlalu besar turunnya, satu lagi pertanda permintaan meningkat.
XS
SM
MD
LG