Tautan-tautan Akses

AS

Ekonomi AS Tumbuh Lambat di Kuartal Kedua


Pertumbuhan ekonomi AS periode April-Juni 2012 lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya (Foto: ilustrasi).

Pertumbuhan ekonomi AS periode April-Juni 2012 lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya (Foto: ilustrasi).

Amerika mengatakan pertumbuhan ekonominya pada periode April hingga Juni lebih lambat dari yang diperkirakan semula.

Pemerintah AS mengatakan, Kamis (27/9), bahwa ekonomi Amerika tumbuh 1,3 persen pada kuartal kedua, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya, yakni 1,7 persen.

Dalam sebuah laporan terpisah, pemerintah mengatakan, pesanan untuk barang produksi Amerika yang tahan lama menurun tajam pada bulan Agustus, sebuah isyarat baru bahwa produksi pabrik kemungkinan menurun.

Amerika memiliki ekonomi terbesar di dunia, namun sedang mengalami kesulitan untuk pulih dari resesi tahun 2008, krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar tahun 1930-an.

Kondisi ekonomi Amerika menjadi isu utama kampanye pemilu presiden di negara itu. Banyak pemilih menyalahkan Presiden Barack Obama atas laju pemulihan yang lambat, dan kemungkinan menyulitkan keterpilihannya kembali sebagai presiden.

Penantang Obama dari Partai Republik, Mitt Romney, mengatakan, kebijakan ekonomi presiden telah gagal dan bahwa ia dapat menambah 12 juta pekerjaan baru dalam kurun empat tahun mendatang.

Meski demikian, dukungan bagi Obama di kalangan para pemilih terdaftar dan dukungan atas kinerjanya saat ini mencapai 50 persen atau lebih.
XS
SM
MD
LG