Tautan-tautan Akses

Ekonomi AS Tumbuh Lebih Pesat dari Perkiraan


Pabrik General Motors di Kansas City, Kansas (foto: dok). Ekonomi AS tumbuh 3,9 persen selama kuartal ketiga tahun ini.

Pabrik General Motors di Kansas City, Kansas (foto: dok). Ekonomi AS tumbuh 3,9 persen selama kuartal ketiga tahun ini.

Ekonomi AS tumbuh 3,9 persen pada kuartal ketiga tahun ini, lebih besar dari perkiraan semula sebesar 3,5 persen.

Ekonomi Amerika tumbuh lebih pesat daripada perkiraan semula. Tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar dunia ini mencapai yang tercepat dalam kurun lebih dari satu dekade ini.

Pertumbuhan ekonomi-ekonomi besar di Eropa dan Asia melamban, tetapi Amerika Selasa (25/11) menyatakan bahwa ekonominya melonjak 3,9 persen pada periode Juli hingga September. Ini meningkat dari 3,5 persen yang diperkirakan pemerintah beberapa pekan silam.

Ekonomi Amerika tumbuh 4,6 persen pada kuartal kedua, dan ini menghasilkan pertumbuhan per semester terbesar sejak 2003.

Pemerintah menyatakan pertumbuhan kuartal ke-tiga dipicu oleh meningkatnya belanja konsumen, lebih banyak investasi bisnis dan ekspor, serta berkurangnya impor.

Sekarang ini, Amerika Serikat mungkin merupakan negara dengan pertumbuhan paling mencolok di tengah-tengah gambaran ekonomi global yang suram.

Blok 18 negara Eropa pengguna mata uang bersama euro, yang secara bersama-sama ekonominya lebih besar daripada Amerika, di ambang resesi. Pertumbuhan melamban secara signifikan di China, ekonomi terbesar ke-dua, sedangkan Jepang, ekonomi terbesar ke-tiga, terperosok ke resesi.

Para analis ekonomi Amerika menyatakan pertumbuhan ekonomi Amerika mungkin melamban menjadi sekitar 2,5 persen dalam kuartal terakhir tahun ini. Tetapi mereka memperkirakan pertumbuhan lebih besar, kemungkinan 3 persen, pada tahun 2015.

XS
SM
MD
LG