Tautan-tautan Akses

AS

Ekonomi AS Hanya Tumbuh 0,7 Persen Akhir 2015


Ekonomi AS hanya tumbuh 0,7 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2015 (foto: ilustrasi).

Ekonomi AS hanya tumbuh 0,7 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2015 (foto: ilustrasi).

Amerika mengumumkan Jumat (29/1), bahwa ekonominya, yang terbesar di dunia, hanya sedikit pertumbuhannya dalam tiga bulan terakhir 2015.

Departemen Perdagangan AS mengatakan, pertumbuhan yang rendah, hanya 0,7 persen pada kuartal ke-4 tahun 2015, mencerminkan belanja konsumen yang lebih lemah, pengurangan investasi oleh bisnis, serta ekspor yang melamban.

Laporan itu, yang pertama dari tiga taksiran tentang pertumbuhan ekonomi untuk kurun Oktober sampai Desember, muncul di tengah-tengah perlambanan ekonomi di seluruh dunia dan kekacauan di pasar saham di seluruh dunia selama bulan Januari.

Analis kebanyakan mengaitkannya dengan anjloknya harga minyak mentah dan perlambanan ekonomi China.

Pertumbuhan lemah dalam kuartal ke-4 itu menyusul pertumbuhan 3,9 persen dalam kurun April sampai Juni, dan 2 persen dalam kuartal ke 3. Tetapi tingkat pengangguran di Amerika turun 5 persen, dan dalam bulan-bulan terakhir ini, pasar tenaga kerja berhasil menambah 300 ribu lapangan pekerjaan baru per bulan.

Belum jelas apakah angka pertumbuhan mengecewakan pada kuartal ke 4 ini menandai perlambanan berkesinambungan, atau ini hanya sekedar kemunduran yang akan pulih dalam bulan-bulan mendatang. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG