Tautan-tautan Akses

AS

Ekonomi AS Hampir Tidak Tumbuh pada Kuartal Pertama


Ekonom mengatakan masih agak lama sebelum pertumbuhan ekonomi AS cukup kuat untuk menurunkan pengangguran yang tinggi dan merangsang gaji yang lebih tinggi. (Foto: Ilustrasi)

Ekonom mengatakan masih agak lama sebelum pertumbuhan ekonomi AS cukup kuat untuk menurunkan pengangguran yang tinggi dan merangsang gaji yang lebih tinggi. (Foto: Ilustrasi)

Departemen Perdagangan Amerika mengatakan pertumbuhan ekonomi hanya 0,1 persen dalam kuartal pertama.

Ekonomi Amerika hampir tidak tumbuh dalam tiga bulan pertama tahun ini, tetapi bank sentral mengemukakan prospek ekonomi Amerika cerah dalam waktu dekat.

Departemen Perdagangan Amerika mengatakan pertumbuhan ekonomi hanya 0,1 persen dalam kuartal pertama. Ini adalah laju pertumbuhan paling lambat sejak satu tahun yang lalu, dan penurunan tajam dari kuartal terakhir 2013.

Pada akhir pertemuan dua hari pada Rabu (30/4), Bank Sentral Amerika menganggap perlambatan itu, sebagian disebabkan musim dingin yang berat yang membuat orang tidak datang ke toko-toko dan memperlambat pengiriman barang dan jasa. Tetapi, Bank Sentral mengatakan kegiatan ekonomi sejak itu telah meningkat, dan rumah-rumah tangga tampaknya sudah mulai belanja lebih banyak.

Bank Sentral juga memotong pembelian obligasi, program yang digunakannya untuk merangsang ekonomi yang lamban.

Optimismenya mendorong penanam modal Rabu, yang mendorong Indeks Dow Jones – indeks saham utama di Amerika – mencapai ketinggian rekor.

Tetapi, ekonom Adam Hersh dari Pusat Kemajuan Amerika mengatakan kepada VOA ia yakin masih agak lama sebelum pertumbuhan ekonomi Amerika cukup kuat untuk menurunkan pengangguran yang tinggi dan merangsang gaji yang lebih tinggi.
XS
SM
MD
LG