Tautan-tautan Akses

Ekonom Perancis Raih Hadiah Nobel Ekonomi


Ekonom Perancis, Jean Tirole memberikan keterangan pers di Toulouse School of Economics di Toulouse, Perancis, Senin (13/10).

Ekonom Perancis, Jean Tirole memberikan keterangan pers di Toulouse School of Economics di Toulouse, Perancis, Senin (13/10).

Ekonom Perancis, Jean Tirole telah dianugerahi Hadiah Nobel bidang Ekonomi untuk penelitiannya tentang kekuatan pasar dan regulasi.

Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm hari Senin (13/10) mengumumkan bahwa ekonom Perancis Jean Tirole memenangkan Hadiah Nobel bidang Ekonomi dan hadiah sebesar $1,1 juta.

Akademi Nobel mengatakan bahwa Jean Tirole berhasil menjelaskan “bagaimana memahami dan mengatur industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang kuat.”

Selama sekitar 30 tahun Tirole telah meneliti kegagalan pasar dan peran sejumlah kecil perusahaan besar atau monopoli tunggal yang mendominasi banyak industri.

Dewan juri mengatakan jika “dibiarkan tanpa diatur, pasar demikian sering membuahkan hasil yang tidak diinginkan secara sosial, misalnya harga yang lebih tinggi daripada yang didorong oleh biaya, atau perusahaan yang tidak produktif yang bertahan dengan memblokir masuknya perusahaan-perusahaan baru dan lebih produktif.”

Tirole, warga Prancis kedua yang akan mendapat hadiah Nobel tahun ini, adalah “salah seorang ekonom paling berpengaruh pada zaman ini,” ujar Akademi itu.

Ekonom berusia 61 tahun itu bekerja di Toulouse School of Economics di Prancis.

XS
SM
MD
LG