Tautan-tautan Akses

Editor Koran Rusia Ungkap Strategi Kremlin Serbu Ukraina 2014


Konvoi kendaraan lapis baja kelompok separatis yang didukung Rusia di Vuhlehirsk, dekat Debaltseve, Ukraina timur (22/2). (AP/Vadim Ghirda)

Konvoi kendaraan lapis baja kelompok separatis yang didukung Rusia di Vuhlehirsk, dekat Debaltseve, Ukraina timur (22/2). (AP/Vadim Ghirda)

Dokumen 2014 itu mengungkapkan bahwa Moskow harus turun tangan di Ukraina untuk mencegah kemungkinan hilangnya pasar Ukraina bagi gas alam Rusia.

Redaktur sebuah surat kabar independen terkemuka Rusia mengatakan ia berencana pekan ini untuk menerbitkan apa yang diakuinya merupakan dokumen strategi resmi Kremlin yang menggambarkan garis besar penyerbuan Rusia ke Ukraina pada 2014.

Novaya Gazeta Dmitri Muratov mengatakan dokumen itu tampaknya telah disiapkan beberapa minggu sebelum Presiden Ukraina pro-Rusia, Viktor Yanukovych, turun dari jabatan Februari 2014, setelah berminggu-minggu menghadapi protes anti-pemerintah di Kyiv.

Pengungkapan oleh Muratov dilakukan dalam wawancara dengan radio Ekho Moskvy Moskow. Ia tidak mengungkapkan bagaimana dokumen itu diperoleh, tetapi mengatakan ia yakin dokumen itu asli.

Muratov mengutip dokumen 2014 itu yang mengatakan Moskow harus turun tangan di Ukraina untuk mencegah kemungkinan hilangnya pasar Ukraina bagi gas alam Rusia. Ia mengatakan dokumen itu juga mengemukakan risiko bagi ekonomi Rusia dan bagi konsumen Eropa barat jika Moskow kehilangan kekuasaan atas pipa saluran yang membawa gas alam melalui Ukraina ke pasar-pasar Eropa barat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG