Tautan-tautan Akses

Ed Sheeran Hadapi Gugatan Hak Cipta atas Lagu 'Photograph'


Penyanyi dan penulis lagu Ed Sheeran saat menerima penghargaan Grammy Award sebagai penampil pop solo terbaik untuk lagu "Thinking Out Loud" (15/2).

Penyanyi dan penulis lagu Ed Sheeran saat menerima penghargaan Grammy Award sebagai penampil pop solo terbaik untuk lagu "Thinking Out Loud" (15/2).

Dua musisi menuduh "Photograph," yang dirilis sebagai singel tahun 2015, memiliki komposisi musikal yang sama dengan lagu mereka "Amazing" (2009).

Dua musisi California menuntut penyanyi/penulis lagu Ed Sheeran memberikan ganti rugi US$20 juta atas lagu hit-nya "Photograph," yang mereka klaim memiliki struktur yang mirip dengan salah satu lagu mereka, menurut dokumen pengadilan yang diajukan Rabu (8/6).

Gugatan pelanggaran hak cipta itu diajukan Martin Harrington, penulis lagu dan produser, dan Thomas Leonard, penulis lagu yang dikontrak perusahaan Harrington, HaloSongs, di pengadilan federal California.

Dua musisi itu menuduh lagu balada Sheeran, "Photograph," yang dirilis sebagai singel tahun 2015, memiliki komposisi musikal yang sama dengan lagu mereka "Amazing," yang menurut mereka ditulis tahun 2009.

Tergugat lainnya adalah Johnny McDaid dari grup Snow Patrol, yang turut menciptakan "Photograph," serta unit-unit Sony/ATV Music Publishing, Warner Music Group dan anak perusahaannya, Atlantic Recording Corporation.

Perwakilan dari Sheeran, McDaid, Sony Music, Warner Music dan Atlantic belum memberikan komentarnya.

Harrington dan Leonard meminta ganti rugi $20 juta, dan royalti dari lagu tersebut.

Dalam dokumen yang mencakup perbandingan not dan kord kedua lagu, Harrington dan Leonard mengklaim bagian chorus dari "Photograph" memiliki 39 not yang identik dengan "Amazing", dan menambahkan bahwa kesamaan itu "dapat segera dikenali oleh pengamat biasa."

Dokumen pengadilan menyebutkan bahwa "Photograph" telah terjual lebih dari 3,5 juta kopi di seluruh dunia, dan ditampilkan di film drama romantis "Me Before You," yang dirilis minggu lalu, serta dalam trailer film itu. [hd]

XS
SM
MD
LG