Tautan-tautan Akses

ECOWAS Siap Lakukan Intervensi di Mali


Milisi Islam dari kelompok Ansar Dine yang kini menguasai wilayah Mali Utara (foto: dok).

Milisi Islam dari kelompok Ansar Dine yang kini menguasai wilayah Mali Utara (foto: dok).

ECOWAS telah setuju mengirim pasukan guna membantu pemerintah Mali merebut kembali wilayah Mali Utara dari kelompok-kelompok Islam.

Komunitas Perekonomian Negara-Negara Afrika Barat ECOWAS telah menepati janjinya untuk mengirim pasukan ke Mali guna membantu pemerintah negara itu merebut kembali wilayah Mali Utara dari kelompok-kelompok Islam.

Kadre Desire Ouedraogo – Presiden Komisi ECOWAS mengatakan blok regional itu siap mengirim pasukan ke Mali, begitu pemerintah negara itu mengajukan permintaan.

Janji itu dikemukakan dalam sebuah pernyataan untuk menyambut kembalinya Presiden Dioncoundra Traore pekan lalu, yang tadinya ke luar negeri untuk perawatan medis setelah dipukuli oleh demonstran anti-pemerintah.

Hari Minggu Presiden Dioncoundra Traore mengumumkan rencana untuk merombak susunan pemerintahan transisinya dan meminta bantuan internasional untuk merebut kembali kawasan Mali utara.

Presiden Diouncoundra Traore diperkirakan akan meminta mandat Dewan Keamanan PBB bagi suatu pasukan intervensi regional. ECOWAS mengatakan tidak adanya mandat PBB merupakan satu-satunya hambatan dalam pengiriman tiga ribuan anggota pasukan militernya ke Mali.
XS
SM
MD
LG