Tautan-tautan Akses

Duta Besar AS Keluhkan Tempat Persembunyian Jaringan Haqqani


Duta Besar AS untuk Afghanistan Ryan Crocker mengeluhkan jaringan Haqqani di Pakistan.

Duta Besar AS untuk Afghanistan Ryan Crocker mengeluhkan jaringan Haqqani di Pakistan.

Pejabat AS menggambarkan tempat-tempat persembunyian militan Pakistan itu sebagai 'pembunuh' strategi perang AS di Afghanistan.

Sebuah surat kabar terkemuka Amerika mengatakan Duta Besar Amerika untuk Afghanistan mengirim kabel rahasia ke Washington bulan lalu yang memperingatkan bahwa keberadaan "tempat persembunyian musuh" di Pakistan membahayakan keberhasilan strategi Amerika di Afghanistan. Laporan itu mengatakan pesan itu begitu rahasia sehingga dikirim melalui jalur CIA dan bukan jalur Departemen Luar Negeri yang biasanya.

Harian Washington Post, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, melaporkan Jumat malam bahwa Ryan Crocker menulis kabel yang menyebutkan bahwa upaya Amerika bertahun-tahun untuk membatasi aktivitas militan di Pakistan oleh jaringan Haqqani menemui kegagalan. Jaringan itu adalah sekutu penting Taliban.

Laporan itu mengatakan seorang pejabat menggambarkan tempat-tempat persembunyian militan Pakistan itu sebagai "pembunuh" strategi perang Amerika di Afghanistan.

Amerika sejak lama mengeluhkan keberadaan tempat-tempat persembunyian gerilyawan di Pakistan. Hubungan antara kedua negara semakin memburuk sejak serangan Amerika tahun lalu di Pakistan yang menewaskan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden yang tinggal di sebuah kota garnisun di Pakistan.

Washington Post mengatakan isi kabel itu bisa menjadi "amunisi" bagi sejumlah perwira tinggi yang mendukung tindakan Amerika yang lebih agresif terhadap tempat-tempat persembunyian Haqqani di Pakistan.

Laporan itu mengatakan kabel itu juga bisa mendukung seruan sejumlah perwira tinggi untuk melakukan penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan secara lebih bertahap. Amerika berencana mengakhiri operasi militer tahun 2014 dan menyerahkan keamanan kepada Afghanistan.

Koalisi yang dipimpin Amerika menginvasi Afghanistan pada akhir tahun 2001 untuk menggulingkan Muslim garis keras itu dan memburu bin Laden pasca serangan 11 September 2001 di Amerika.


XS
SM
MD
LG