Tautan-tautan Akses

Duta Besar AS Adakan Kunjungan Mendadak ke Suriah Selatan


Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford

Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford

Duta Besar AS Robert Ford pergi ke kota Jassem di kawasan Dara'a hari Selasa, setelah mendapat izin dari pemerintah Suriah.

Duta besar AS untuk Suriah telah mengadakan kunjungan mendadak ke wilayah selatan Dara'a yang telah menjadi pusat protes terhadap Presiden Bashar al-Assad. Pejabat Kedutaan AS mengatakan Duta Besar Robert Ford pergi ke kota Jassem pada hari Selasa.

Kunjungan itu terjadi sebulan setelah Ford dan Duta Besar Perancis Eric Chevallier membuat para pejabat Suriah marah dengan mengunjungi Homs, kota titik awal terjadinya pemberontakan. Langkah itu memicu pemerintah Suriah untuk memberlakukan larangan perjalanan terhadap dua utusan itu

Associated Press menyatakan Ford menerima izin dari Suriah untuk melakukan perjalanan Selasa ini.

Sebelumnya hari Selasa, Dewan Hak Asasi Manusia PBB menyetujui sebuah resolusi yang menyerukan penyelidikan pelanggaran hak yang mungkin dilakukan oleh pasukan keamanan Suriah. Tindakan dewan datang satu hari setelah saksi dan kelompok hak asasi mengatakan pasukan Suriah menewaskan delapan orang sementara ratusan demonstran berunjuk rasa terhadap Presiden Assad.

Para saksi mengatakan beberapa ratus orang berkumpul di alun-alun utama di pusat kota Homs pada hari Senin ketika tim kemanusiaan PBB mengunjungi kota itu. Pasukan pro-pemerintah menembaki para demonstran, banyak di antaranya berteriak "Gaddafi sudah pergi, sekarang giliran Anda, Bashar!" Enam orang dilaporkan tewas.

Dua orang lagi tewas pada hari Senin dalam protes anti-pemerintah di kota-kota lainnya.

Sebelumnya Senin, komisioner hak asasi manusia PBB Navi Pillay mengatakan pemerintah Suriah jelas telah menggunakan kebijakan "tembak mati" terhadap warga sipil. Dia memberitahu Dewan HAM PBB bahwa lebih dari 2.200 orang telah tewas dalam kerusuhan.

XS
SM
MD
LG