Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Sambut Baik Hasil Referendum Skotlandia


PM Inggris David Cameron memberikan pernyataan kepada media di London, sehari setelah referendum Skotlandia menolak pemisahan dari Inggris (19/9).

PM Inggris David Cameron memberikan pernyataan kepada media di London, sehari setelah referendum Skotlandia menolak pemisahan dari Inggris (19/9).

Penolakan Skotlandia atas referendum kemerdekaan disambut baik di sebagian besar Inggris, dan di banyak negara lainnya.

Kemenangan suara untuk fihak yang menolak merdeka dalam referendum Skotlandia disambut gembira dan dengan penuh kelegaan di sebagian besar Inggris, dan juga di banyak negara lainnya.

Presiden AS Barack Obama hari Jumat (19/9) memberikan ucapan selamat kepada Skotlandia atas “penerapan demokrasi sepenuhnya yang penuh semangat.”

“Lewat debat, diskusi, dan pertimbangan yang penuh semangat dan damai, mereka mengingatkan dunia akan kontribusi besar Skotlandia pada Inggris dan dunia,” kata Presiden Obama.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menyatakan hal serupa.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso hari Jumat (19/9) menyebut hasil tersebut positif bagi Eropa dan memuji komitmen kuat Skotlandia pada Uni Eropa.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri Inggris David Cameron dan mengatakan dia yakin Inggris akan terus memainkan peranan utama dalam menjaga kekuatan aliansi itu.

Cameron mengatakan setelah perdebatan tentang masa depan Skotlandia diselesaikan, Inggris akan menghormati komitmen yang diberikannya kepada Skotlandia dan memberi Skotlandia wewenang baru dalam bidang perpajakan, belanja dan kesejahteraan. Menurutnya, RUU itu akan siap pada Januari.

XS
SM
MD
LG