Tautan-tautan Akses

Dunia Rayakan Hari Perempuan Internasional


Para pemimpin dunia dan organisasi-organisasi internasional menyerukan agar kaum wanita diberi lebih banyak hak dan peluang.

Para pemimpin dunia dan organisasi-organisasi internasional menyerukan agar kaum wanita diberi lebih banyak hak dan peluang supaya dapat turut membantu memecahkan banyak masalah dunia.

Seruan-seruan tersebut dikeluarkan di banyak negara untuk menandai Hari Perempuan Internasional, Senin ini. Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama mengadakan resepsi di Gedung Putih, Senin ini, untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia, Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa mengatakan Senin ini bahwa perdamaian dan stabilitas "hanya dapat dicapai dengan partisipasi kaum wanita sebagai mitra yang setara dengan kaum pria."

Pada suatu upacara pekan lalu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengemukakan, tujuan badan dunia itu "memikul resiko" karena kaum wanita masih banyak yang miskin dan mengalami diskriminasi. Hari Perempuan pertama kali dirayakan di AS pada tahun 1909. Dua tahun kemudian, lebih dari sejuta orang merayakannya di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss dalam perayaan pertama Hari Perempuan Internasional.

XS
SM
MD
LG