Tautan-tautan Akses

Eropa, AS Peringati 70 Tahun Hari Kemenangan di Eropa


Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius (kedua dari kiri) dan Menlu AS John Kerry (kedua dari kanan) di Tugu Tentara Tak Dikenal di Arc de Triomphe di Paris, Perancis (8/5).

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius (kedua dari kiri) dan Menlu AS John Kerry (kedua dari kanan) di Tugu Tentara Tak Dikenal di Arc de Triomphe di Paris, Perancis (8/5).

Eropa dan AS, Jumat, memperingati 70 tahun Hari Kemenangan di Eropa, hari d imana pasukan Nazi pada 1945 meletakkan senjata mereka sehingga Perang Dunia Kedua berakhir di Eropa.

Dalam pidato mingguannya, Presiden AS Barack Obama memberikan penghormatan pada mereka yang berjuang pada perang itu, dan menyebut mereka generasi yang sesungguhnya menyelamatkan dunia.

Obama mendesak rakyat Amerika dewasa ini untuk kembali mendedikasikan diri pada kebebasan yang diperjuangkan generasi itu.

Di Perancis, Presiden Perancis Francois Hollande meletakkan karangan bunga di Tugu Tentara Tak Dikenal. Menlu Perancis Laurent Fabius dan Menlu AS John Kerry hadir dalam upacara itu.

Di Inggris, berbagai upacara mengenang berlangsung Jumat, sementara konser-konser dan pesta-pesta jalanan diselenggarakan di berbagai penjuru negara itu dalam usaha menciptakan kembali semangat hari itu.Hari Minggu, Ratu Elizabeth akan memperingati hari bersyukur kemenangan di Eropa di Westminster Abbey. Sebuah konser kabar dijadwalkan berlangsung di Taman Saint James, London, yang juga akan menghadirkan sekitar 2000 veteran perang.

Di Amerika Serikat, sebuah pesawat Perang Dunia Kedua akan diterbangkan di atas Washington untuk menghormati para veteran Perang Dunia Kedua di kota di mana sebuah upacara berlangsung di Tugu Perang Dunia Kedua.

Russia akan memperingati akhir perang itu dengan parade besar hari Sabtu di Lapangan Merah Moskow.

XS
SM
MD
LG