Tautan-tautan Akses

Dunia Hiburan dan Internasional Kenang Shirley Temple


Shirley Temple Black bersama suami Charles Black dan anak laki-lakinya Charles Black Jr.

Shirley Temple Black bersama suami Charles Black dan anak laki-lakinya Charles Black Jr.

Shirley Temple Black, yang mengangkat semangat Amerika pada era Great Depression sebagai aktris cilik bermata cemerlang dan berlesung pipit, dan kemudian menjadi seorang diplomat, tutup usia Senin malam di usia 85 tahun.

Sebagai seorang aktris, Shirley Temple terlalu cepat menjadi dewasa, lincah dan menggemaskan dengan rambut ikalnya, tarian tap-dance yang mengiringi lagu seperti "On The Good Ship Lollipop."

Sebagai seorang duta besar, Shirley Temple Black bertutur kata halus dan tekun ketika ditempatkan di Cekoslowakia dan Ghana, membuktikan anggapan orang bahwa karirnya sebagai aktris cilik membuat karir diplomatiknya tidak dianggap serius.

"Saya tidak keberatan dianggap serius sebagai seorang perempuan dan diplomat di sini," kata Black setelah ditunjuk sebagai Duta Besar Amerika untuk Ghana tahun 1974. "Masalah saya hanya dengan warga Amerika yang sejak awal menolak untuk percaya bahwa saya telah beranjak dewasa sejak saya membintangi film-film saya."

Penghormatan kepada Shirley Temple Black mengalir hari Selasa setelah berita kematiannya muncul.

Mantan Presiden George H.W. Bush, yang mengangkat Black sebagai Duta Besar AS untuk Cekoslowakia mengatakan ia berhasil sebagai aktris cilik dan diplomat.

"Ia berhasil mendapatkan kasih sayang jutaan orang lewat penampilannya yang menawan di layar lebar sebagai gadis cilik, tapi saya juga mengagumi Shirley untuk jasanya yang tanpa pamrih bagi negara kita," ujar Bush dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Ceko memuji Black, mengatakan ia menjadi salah satu simbol negara yang berhasil mendapatkan kebebasannya ketika ia bertugas sebagai Duta Besar AS di Praha dari tahun 1989 sampai 1992.

"Dengan pesona dan keterbukaannya, ia berkontribusi besar terhadap perbaikan persahabatan lama kedua negara dan bangsa kita," ujar Menteri Luar Negeri Ceko dalam sebuah pernyataan.

Dunia hiburan juga meratapi kematiannya dan memenuhi Twitter dengan ungkapan kesedihan.

"Shirley Temple kecil membangkitkan semangat bangsa selama Great Depression. Istirahat dengan tenang," bunyi tweet aktris Mia Farrow.

Whoopi Goldberg mengacu pada lagu khas Shirley Temple dalam tweetnya tentang aktris cilik tersebut. "The Good Ship Lollypop berlayar hari ini dengan Shirley Temple, seseorang yang tiada duanya."

Aktris Kristin Chenoweth memuji Black sebagai "aktris cilik legendaris dan diplomat yang luar biasa."
XS
SM
MD
LG