Tautan-tautan Akses

Dukungan Publik bagi Tokyo untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade Melonjak


Sebuah stasiun kereta di Tokyo, Jepang (foto: dok). Mayoritas warga Jepang mendukung upaya Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Sebuah stasiun kereta di Tokyo, Jepang (foto: dok). Mayoritas warga Jepang mendukung upaya Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Dukungan publik bagi upaya Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 telah meningkat menjadi 70 persen, naik dari 47 persen pada bulan Mei 2012.

Sebuah jajak pendapat baru oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunjukkan dukungan publik bagi upaya Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 telah meningkat menjadi 70 persen, naik dari 47 persen pada bulan Mei 2012.

Tsunekazu Takeda, pemimpin tim promotor Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade, hari Selasa mengumumkan angka baru itu pada hari kedua kunjungan komite evaluasi IOC untuk mengevaluasi rencana yang dilakukan ibukota Jepang itu untuk pesta olah raga empat tahunan tersebut.

Wakil presiden IOC Craig Reedie memimpin lawatan itu, yang akan diikuti dengan kunjungan akhir bulan ini ke Madrid dan Istanbul, dua kota lainnya yang bersaing untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. IOC akan memilih kota tuan rumah dengan undian rahasia dalam sidang di Buenos Aires tanggal 7 September mendatang.

Dalam upaya Tokyo yang gagal tahun 2009 untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016, sebuah jajak pendapat IOC menunjukkan 56 persen penduduk mendukung upaya menjadi tuan rumah pesta olah raga itu.

Panel IOC mengunjungi stadion nasional hari Selasa berikut Gedung Olahraga Metropolitan Tokyo dan Forum Internasional Tokyo. Stadion nasional itu akan menjadi tempat baru berkapasitas 80.000 kursi yang akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan dan lomba atletik jika Tokyo memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade tersebut.
XS
SM
MD
LG