Tautan-tautan Akses

Duke University Juara Nasional Bola Basket Mahasiswa AS


Kampus Duke University di Durham, North Carolina.

Kampus Duke University di Durham, North Carolina.

Duke mengalahkan Wisconsin University untuk meraih kemenangan dalam kejuaraan bola basket nasional antar universitas 2014-2015 di Amerika Serikat.

Tim bola basket putra Duke University, yang dipimpin oleh empat mahasiwa tingkat satu, mengalahkan Wisconsin University 68-63 Senin malam (6/4) di Indianapolis, Indiana, untuk merebut kejuaraan bola basket nasional antar universitas 2014-2015 di Amerika Serikat.

Tyus Jones mencetak 23 poin dan Grayson Allen menambahkan 16 poin lagi untuk membantu Duke mengatasi ketinggalan sembilan poin pada awal babak kedua. Pemain cadangan Allen terjun ke gelanggang untuk menggantikan seorang lagi mahasiswa tingkat satu pemain tangguh Duke, Jahlil Okafor, yang telah melakukan terlalu banyak pelanggaran sehingga ia terpaksa ditarik dan duduk sepanjang sebagian besar babak kedua. Okafor hanya menyumbang 10 poin hingga akhir pertandingan.

Frank Kaminsky, pemain nasional tahun ini, memimpin Wisconsin dengan 21 poin, sementara rekan seregunya Nigel Hayes mencetak 13 poin dan Sam Dekker 12 poin. Wisconsin maju ke final setelah mengalahkan Kentucky University yang sebelumnya tak terkalahkan dalam 37 pertandingan musim ini.

Kemenangan Duke Senin malam memperkuat kedudukan pelatihnya Mike Krzyzewski sebagai salah seorang pelatih paling berjaya dalam sejarah bola basket perguruan tinggi di Amerika. Sejak mengambil alih sebagai pelatih Duke tahun 1980, Duke telah menjadi juara nasional lima kali, yang menempatkan pelatihnya nomor dua di belakang mendiang John Wooden, yang merebut 10 kali kejuaraan nasional sebagai pelatih University of California Los Angeles pada tahun 1960-an dan 70-an.

Pelatih Duke, Kryzewski yang berusia 68 tahun, juga telah mencapai semifinal 12 kali, dan memenangkan dua medali emas sebagai pelatih tim bola basket putra Amerika di Olimpiade tahun 2008 dan 2012.

XS
SM
MD
LG