Tautan-tautan Akses

AS

Dubes RI untuk AS: Insiden Pembunuhan Dubes Rusia Tidak Surutkan Kinerja Diplomasi


Dubes RI untuk AS Budi Bowoleksono

Dubes RI untuk AS Budi Bowoleksono

Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Budi Bowoleksono menegaskan insiden penembakan Duta Besar Rusia Untuk Turki Andrey Karlov di Ankara hari Senin (19/12) tidak akan menyurutkan kinerja diplomatiknya.

Dubes Bowoleksono juga membantah adanya peningkatan keamanan pada fasilitas Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC atau keamanan dirinya. "Saya akan tetap melakukan kegiatan seperti yang sudah direncanakan karena banyak sekali yang harus saya lakukan. Hal itu sama sekali tidak akan mempengaruhi kinerja saya."

Ketika ditanya apakah ia khawatir atau takut, Dubes menjawab, "Rasanya tidak. Karena khawatir dan takut itu jika kita bungkus secara lebih proper dan seimbang maka itu merupakan bagian dari resiko pekerjaan. Jadi tukang bangunan saja ada resikonya, tertimpa martil misalnya. Lagi pula pengamanan merupakan bagian yang inheren dari misi diplomatik di mana pun berada. Kami juga percaya pemerintah AS sebagai tuan rumah seluruh diplomat asing yang berada di sini akan menjaga keamanan kami dengan baik. Kami percaya itu," ujar Bowoleksono.

Kemlu RI Kecam Keras Penembakan Dubes Rusia untuk Turki

Kementerian Luar Negeri Indonesia hari Selasa (20/12) mengeluarkan pernyataan yang mengecam keras penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov saat membuka pameran seni hari Senin, dan juga menyampaikan simpati dan dukacita kepada keluarga Karlov, pemerintah dan rakyat Rusia. Pernyataan itu juga menyampaikan harapan Indonesia agar peristiwa itu tidak menganggu proses penciptaan perdamaian di Timur Tengah.


Dubes RI untuk AS akan ke Kedutaan Rusia Rabu Pagi

Lebih jauh Budi Bowoleksono mengatakan akan datang ke Kedutaan Besar Rusia di Washington DC Rabu pagi (21/12) untuk menyampaikan belasungkawa dan menandatangani buku dukacita. "Ini bukan sekedar untuk menunjukkan solidaritas, tetapi juga mewujudkan secara kongkrit pernyatan Kemlu bahwa kita menolak segala bentuk tindakan teror dalam bentuk apapun, dengan alasan apapun."

Jelang Libur Akhir Tahun, WNI Dihimbau Waspada

Meskipun demikian melihat berbagai insiden yang terjadi akhir-akhir ini dan persiapan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, Dubes Budi Bowoleksono meminta warga Indonesia di Amerika untuk tetap waspada. "Yang terpenting adalah mengetahui nomor-nomor telepon darurat. Perhatikan dengan baik informasi yang sudah diverifikasi, yang berasal dari pemerintah dan dari sesama kita sendiri, jangan mudah percaya informasi dari hearsay yang didapat lewat media sosial. KBRI tentu akan secara reguler menyampaikan informasi yang perlu bagi seluruh WNI, tetapi secara pribadi tentu kita semua harus waspada."

Nomor kontak kedutaan dan kantor-kantor perwakilan Indonesia di Amerika bisa ditemukan di sini. [em]

XS
SM
MD
LG