Tautan-tautan Akses

Dubes Kanada yang Bantu AS Bebaskan Sandera di Iran Meninggal Dunia


Mantan duta besar Kanada untuk Iran, Ken Taylor, di Manhattan, New York. (Foto: Dok)

Mantan duta besar Kanada untuk Iran, Ken Taylor, di Manhattan, New York. (Foto: Dok)

Ken Taylor memainkan peran utama dalam misi pembebasan sandera AS di Iran, yang mengilhami Ben Affleck membuat film "Argo" yang meraih Oscar tahun 2012.

Mantan duta besar Kanada untuk Iran, Ken Taylor, yang melindungi enam warga Amerika pada waktu krisis sandera Iran tahun 1979, telah meninggal dunia pada usia 81 tahun.

Keluarganya mengatakan Taylor meninggal hari Kamis (15/10) setelah dua bulan menderita kanker usus besar.

Ketika menjabat sebagai duta besar di Iran, Taylor memainkan peran utama dalam misi pertolongan yang dilakukan pemerintah Kanada dan CIA. Misi itu mengilhami Ben Affleck membuat film "Argo" yang meraih Oscar tahun 2012.

Taylor menyembunyikan warga Amerika itu di tempat kediamannya dan di rumah wakilnya John Sheardown di Teheran selama tiga bulan. Taylor membantu pelarian mereka dengan mengatur tiket pesawat dan membujuk pemerintah Ottawa untuk mengeluarkan paspor palsu.

Mantan Perdana Menteri Kanada Joe Clark, yang memegang jabatan pada waktu krisis sandera Iran, menyebut Taylor seorang pahlawan Kanada dan “satu contoh yang dapat kita lakukan pada waktu kita mampu melakukan yang terbaik.”

Atas tindakannya di Iran, Taylor dianugerahi medali emas Kongres Amerika tahun 1980, ia dijadikan seorang perwira Order of Canada.

Setelah kembali dari Iran, Taylor diangkat Konsul-Jenderal Kanada di New York.

Ia meninggalkan isteri dan seorang putra. [gp]

XS
SM
MD
LG