Tautan-tautan Akses

Dubes AS Tuduh Suriah, Iran Rongrong Kedaulatan Lebanon


Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice.

Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice.

Dubes AS di PBB Susan Rice memberi komentar itu ketika DK PBB mengadakan rapat tertutup mengenai Lebanon, hari Kamis.

Seorang pejabat tinggi Amerika menuduh Suriah dan Iran merongrong kedaulatan Lebanon dengan membantu Hezbollah dan kelompok-kelompok militan bersenjata lain.

Dutabesar Amerika di PBB Susan Rice memberi komentarnya hari Kamis ketika Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat tertutup mengenai Lebanon.

Rice melontarkan kecaman paling kerasnya terhadap Suriah, dengan mengatakan negara itu telah menunjukkan “ketidak perdulian yang keterlaluan” bagi keutuhan wilayah dan kemerdekaan Lebanon.

Dia mengatakan Suriah terus memberi senjata yang semakin canggih kepada milisi seperti Hezbollah, walaupun resolusi PBB melarangnya.

Rice juga mengemukakan tentang pengumuman Suriah sebelumnya bulan ini bahwa negara itu telah mengeluarkan surat penangkapan bagi 33 orang termasuk hakim-hakim teras Lebanon dan pejabat internasional. Suriah mengatakan pihaknya mengeluarkan surat penangkapan karena kesaksian yang dituduhnya palsu yang diberikan kepada penyelidikan yang didukung PBB mengenai pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafiq Hariri.

Di Lebanon, pemimpin Hezbollah hari Kamis mendesak Lebanon agar memboikot mahkamah PBB itu, dengan memperingatkan setiap kerjasama merupakan serangan terhadap kelompok militannya. Hezbollah mengatakan mereka prihatin bahwa para anggota terasnya kemungkinan akan diselidiki, dengan menyebut mahkamah PBB memihak.

XS
SM
MD
LG