Tautan-tautan Akses

Dubes AS Pertama untuk Burma Tiba di Rangoon


Duta Besar AS untuk Burma, Derek Mitchell bertemu Presiden Thein Sein di Istana Presiden Burma di Naypytaw, hari Rabu (11/7).

Duta Besar AS untuk Burma, Derek Mitchell bertemu Presiden Thein Sein di Istana Presiden Burma di Naypytaw, hari Rabu (11/7).

Kedutaan Amerika di Burma telah mengumumkan kedatangan Derek Mitchell, Duta Besar pertama Washington untuk Burma dalam 22 tahun.

Kedutaan Besar Amerika di Rangoon mengatakan Duta Besar Derek Mitchell tiba hari Rabu dan telah berangkat ke ibukota pemerintahan di Naypytaw untuk menyampaikan surat-surat kepercayaannya kepada Presiden Thein Sein.

Duta Besar Derek Mitchell sebelumnya bertugas sebagai utusan khusus Amerika untuk Burma.

Pemerintahan Obama hari Rabu juga mengumumkan pihaknya mengurangi berbagai larangan terhadap perusahaan-perusahaan Amerika yang tertarik berbisnis di Burma. Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan memperlunak sanksi-sanksi semacam itu akan memberi “insentif langsung” kepada para pelaku reformasi dan memberi manfaat bagi warga Burma.

Tetapi pernyataan itu juga mengingatkan bahwa Amerika masih “sangat prihatin” atas tidak adanya transparansi dalam lingkungan investasi Burma dan peran militer dalam ekonominya itu.

Pernyataan itu mengatakan otoritas sanksi-sanksi yang masih eksis telah diperluas, mencakup mereka yang merongrong proses reformasi, terlibat dalam pelanggaran HAM, berkontribusi dalam konflik etnis atau ikut serta dalam perdagangan militer dengan Korea Utara.

Amerika telah berdialog lagi dengan Burma setelah pemerintah sipil yang baru berkuasa bulan Maret 2011 lalu dan mulai melaksanakan reformasi.

XS
SM
MD
LG