Tautan-tautan Akses

Dubes AS Peringatkan China dan Jepang Agar Tidak Melakukan Tindakan Provokasi


Dubes AS untuk China, Gary Locke memberikan sambutan perpisahan dalam konferensi pers di Kedutaan AS di Beijing (27/2).

Dubes AS untuk China, Gary Locke memberikan sambutan perpisahan dalam konferensi pers di Kedutaan AS di Beijing (27/2).

Duta Besar Amerika untuk China Gary Locke, memperingatkan China dan Jepang - dua negara yang terlibat dalam sengketa teritorial yang menegangkan - agar tidak melakukan tindakan provokatif.

Pernyataan Duta Besar AS untuk China Gary Locke, dikeluarkan hari Kamis (27/2) dalam konferensi pers terakhirnya di Kedutaan Besar Amerika di Beijing. Pernyataan tersebut juga mencakup kritik tentang dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh China.

Duta Besar Amerika untuk China Gary Locke, yang akan meletakkan jabatan, Sabtu (1/3), mengatakan bahwa sengketa tersebut dapat menjadi sangat parah jika, misalnya, sebuah perahu nelayan menabrak kapal angkatan laut dan seseorang tenggelam.

Kedua belah pihak dalam beberapa bulan terakhir telah mengerahkan jet tempur dan mengirim kapal patroli untuk memantau kehadiran masing-masing di dekat gugusan pulau yang disengketakan di Laut Cina Timur itu.

Selama dua tahun sebagai Duta Besar di China, Locke telah menghadapi tuduhan bahwa Amerika mendukung klaim sekutunya, Jepang, atas pulau-pulau itu, gagasan yang kembali ia tolak hari Kamis.
XS
SM
MD
LG