Tautan-tautan Akses

Dubes AS untuk Jepang Mengenang Nagasaki


Dubes AS untuk Jepang Caroline Kennedy (foto: dok).

Dubes AS untuk Jepang Caroline Kennedy (foto: dok).

Dubes AS Caroline Kennedy meletakkan karangan bunga di Taman Perdamaian Nagasaki, lokasi serangan bom Amerika pada Perang Dunia kedua hari Selasa (10/12).

Dutabesar Amerika untuk Jepang, Caroline Kennedy, Selasa (10/12), meletakkan karangan bunga di Taman Perdamaian Nagasaki, lokasi serangan bom Amerika yang menewaskan 70 ribu orang pada 1945.

Kennedy, putri mendiang presiden Amerika John F. Kennedy, sebelumnya melangsungkan tur ke museum Bom Atom Nagasaki dan bertemu dengan beberapa korban serangan bom atom yang masih hidup.

Pemboman di Nagasaki membantu mendorong Jepang menyerah pada Perang Dunia Kedua.

Dalam pidatonya di taman itu, Kennedy menyebut-nyebut mendiang mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan mengatakan bahwa Mandela mengingatkan dunia mengenai kekuatan rekonsiliasi.

Kennedy kemudian membantu menanam sebuah pohon asal Amerika, salah satu dari 3000 pohon yang ditawarkan sebagai hadiah persahabatan untuk Jepang.

Kennedy pada 1978 pernah mengunjungi Hiroshima, lokasi serangan bom atom pertama Amerika pada 6 Agustus 1945 dengan pamannya, Senator Edward Kennedy, jauh sebelum Presiden Barack Obama memintanya menjadi Dutabesar Amerika di Tokyo. Pemboman di Hiroshima menewaskan 140 ribu orang.
XS
SM
MD
LG