Tautan-tautan Akses

Dubes AS di PBB Kecam Pelecehan Aktivis di Sudan Selatan


Dubes AS untuk PBB, Samantha Power (foto: dok).

Dubes AS untuk PBB, Samantha Power (foto: dok).

Dubes AS untuk PBB Samantha Power menandaskan bahwa intimidasi dan ancaman oleh pemerintah Sudan Selatan terhadap masyarakat madani mesti dihentikan segera.

Duta Besar Amerika Untuk PBB Samantha Powers mengatakan “berang” terhadap pemerintah Sudan Selatan yang telah melecehkan beberapa aktivis hak-hak sipil yang bertemu delegasi Dewan Keamanan PBB, ketika delegasi tersebut melawat ke negara itu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Sabtu (10/9) Samantha Power mengatakan delegasi itu mengamati kondisi kehidupan yang “memilukan” yang dialami warga sipil yang terjebak dalam konflik berkepanjangan antara pasukan pemerintah dan pemberontak. Ia menambahkan, "pemerintah Sudan Selatan seharusnya meningkatkan – bukan menekan – suara aktivis “yang mengorganisir kecaman yang konstruktif dan damai.”

Lebih jauh Samantha Power mengatakan Dewan Keamanan “terlibat langsung dengan pemerintah Sudan Selatan dalam menandaskan bahwa intimidasi dan ancaman terhadap masyarakat madani mesti dihentikan segera.”

Sejumlah pimpinan organisasi yang bertemu dengan delegasi diplomat tinggi itu mengatakan mereka diperintahkan untuk melapor kepada pemerintah Sudan Selatan. [em/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG