Tautan-tautan Akses

Dubes AS di India Bertemu Pemimpin Oposisi


Pemimpin oposisi India dan pemimpin partai BJP, Narendra Modi. (Foto: Dok)

Pemimpin oposisi India dan pemimpin partai BJP, Narendra Modi. (Foto: Dok)

Pertemuan tersebut adalah bagian dari usaha menemui para pemimpin teras politik dan perusahaan untuk menonjolkan hubungan Amerika-India.

Amerika Serikat mengatakan duta besarnya untuk India akan bertemu dengan pemimpin oposisi Narendra Modi, yang dapat menjadi perdana menteri berikutnya di New Delhi.

Pertemuan yang dijadwalkan itu, dan dikukuhkan oleh Kedutaan Amerika di New Delhi, merupakan perubahan sikap terhadap nasionalis Hindu tersebut.

Washington mengenakan larangan visa terhadap Modi setelah kecaman mengenai penanganan kerusuhan anti-Muslim pada 2002 di negara bagian Gujarat, dimana ia merupakan perdana menteri negara bagian itu. Kekerasan tersebut menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Seorang juru bicara kedutaan Amerika mengatakan pertemuan Modi dengan Duta Besar Nancy Powell adalah bagian dari usaha menemui para pemimpin teras politik dan perusahaan untuk menonjolkan hubungan Amerika-India.

Modi mungkin akan menjadi perdana menteri kalau Partai Bharatiya Janatanya (BJP) berhasil dengan baik dalam pemilu parlemen, sebagaimana ditunjukan hasil survei baru-baru ini.
XS
SM
MD
LG