Tautan-tautan Akses

Dubes AS akan Hadiri Peringatan 65 Tahun Bom Atom Hiroshima


Amerika Serikat mengebom Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Tiga hari kemudian AS menjatuhkan sebuah bom atom lain di atas kota Nagasaki.

Amerika Serikat mengebom Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Tiga hari kemudian AS menjatuhkan sebuah bom atom lain di atas kota Nagasaki.

Untuk pertama kalinya, seorang duta besar Amerika Serikat berencana menghadiri upacara memperingati serangan bom atom Amerika tersebut.

Duta Besar Amerika Serikat bagi Jepang untuk pertama kalinya akan menghadiri upacara peringatan serangan bom atom pertama di Hiroshima. Peringatan tahun ini akan menandai 65 setelah serangan bom atom Amerika tersebut.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan Duta Besar John Roos akan mewakili Amerika Serikat di Hiroshima pada tanggal 6 Augustus, untuk menyatakan penghormatan bagi semua korban Perang Dunia Kedua.

Sekitar 140.000 orang tewas seketika ataupun meninggal dalam waktu beberapa bulan, setelah pesawat B-29 Amerika membom kota itu pada tanggal 6 Augustus tahun 1945. Crowley enggan menyebut apakah pejabat Amerika akan menghadiri upacara di Nagasaki, di mana puluhan ribu orang lagi tewas, setelah Amerika menjatuhkan bom atom kedua, tiga hari kemudian.

Jepang, negara satu-satunya yang pernah diserang dengan bom nuklir, menyerah kepada sekutu pada tanggal 15 Augustus. Menyerahnya Jepang tersebut menandai berakhirnya Perang Dunia Kedua.

XS
SM
MD
LG