Tautan-tautan Akses

Dubai dan Hyperloop Pelajari Potensi Jalur Kereta Magnet Abu Dhabi


Kereta magnet atau 'magnetic levitation' (maglev) yang diuji Jepang di dekat Gunung Fuji (foto: ilustrasi).

Kereta magnet atau 'magnetic levitation' (maglev) yang diuji Jepang di dekat Gunung Fuji (foto: ilustrasi).

Pembangunan jalur kereta magnet itu direncanakan akan menghubungkan kota Dubai dengan dengan Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab.

Kota Dubai yang futuristik telah menandatangani kesepakatan dengan Hyperloop One perusahaan transportasi yang berkantor pusat di Los Angeles untuk mempelajari potensi membangun jalur kereta magnet yang menghubungkan kota itu dengan Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab.

Pihak berwenang Jalan Raya dan Transportasi Dubai mengumumkan kesepakatan dengan Hyperloop One hari Selasa dari puncak Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia.

Hal-hal keuangan belum dibahas dan teknologi transportasi itu masih dalam tahap pengujian.

Hyperloop, transportasi yang digerakkan listrik dan magnet meluncur di atas jalur friksi rendah dengan kecepatan maksimum 1.220 kilometer per jam.

Penyelenggara transportasi mengatakan waktu perjalanan dengan hyperloop antara Dubai dan Abu Dhabi nantinya hanya memerlukan waktu 12 menit dibanding dengan satu jam lebih perjalanan menggunakan mobil sekarang ini.

Pengumuman itu disampaikan setelah Dubai mengadakan kompetisi bulan Oktober lalu untuk merancang sebuah lintasan hyperloop. [my/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG