Tautan-tautan Akses

21 Negara Laksanakan Hukuman Mati Tahun 2012


Aktivis Amnesty International menggelar aksi unjuk rasa menentang hukuman mati di China, di luar kantor perwakilan China di Hong Kong (Foto: dok).

Aktivis Amnesty International menggelar aksi unjuk rasa menentang hukuman mati di China, di luar kantor perwakilan China di Hong Kong (Foto: dok).

Amnesty International mengungkapkan sebanyak 21 negara telah melaksanakan hukuman mati tahun lalu dalam laporan tahunannya, Rabu (10/4).

Organisasi Amnesty Internasional mengeluarkan laporan tahunannya mengenai hukuman mati hari Rabu (10/4), dan mengatakan 682 orang telah dieksekusi di seluruh dunia, tahun 2012. Sama seperti tahun 2011, hukuman tersebut dilaksanakan di 21 negara, namun turun 25 persen dari eksekusi sepuluh tahun lalu.

Dalam laporan itu, Irak menunjukkan peningkatan tertinggi dalam eksekusi, dengan 129 eksekusi tahun lalu dibanding dengan 68 tahun 2011.

Amnesty mengatakan China melaksanakan ribuan eksekusi, yang terbanyak dibanding negara manapun. Namun tidak adanya data membuat keterangan ini tidak mungkin untuk dikukuhkan. Amnesty mendesak pemerintah China agar mengungkapkan jumlah tersebut secara terbuka.

Iran menduduki tempat kedua, dengan sedikitnya 314 eksekusi, banyak diantaranya karena kejahatan narkoba. Amnesty mengatakan pihaknya memiliki laporan yang dapat dipercaya mengenai lebih banyak eksekusi yang terjadi di negara itu. Kasus-kasus dengan ancaman hukuman mati di Iran, Irak dan negara-negara lain sering melanggar standar bagi peradilan yang adil.

Organisasi Amnesty Internasional menentang hukuman mati dalam semua kasus dan menganjurkan penghapusan hukuman mati.
XS
SM
MD
LG