Tautan-tautan Akses

Dua Wartawan Asing Ditembak di Afghanistan


Lubang bekas tembakan terlihat di mobil fotografer Associated Press (AP) Anja Niedringhaus dan reporter Kathy Gannon pasca insiden penembakan di provinsi Khost (4/4).

Lubang bekas tembakan terlihat di mobil fotografer Associated Press (AP) Anja Niedringhaus dan reporter Kathy Gannon pasca insiden penembakan di provinsi Khost (4/4).

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan seorang polisi telah ditangkap karena menembak dua wartawan asing perempuan hari Jum’at (4/4), menewaskan satu orang dan melukai lainnya.

Insiden penembakan terjadi pada malam pemilihan presiden Afghanistan, di dalam kompleks polisi di bagian timur propinsi Khost, dekat perbatasan Afghanistan dan Pakistan, Jumat (4/4).

Seorang polisi telah ditangkap karena menembak dua wartawan asing perempuan hari Jum’at (4/4), menewaskan satu orang dan melukai lainnya. Motif serangan itu belum diketahui.

Taliban telah bersumpah untuk menggunakan kekerasan guna mengganggu pemilu lokal dan nasional hari Sabtu.

Bulan lalu seorang wartawan terkenal di Afghanistan yang bekerja untuk kantor berita Perancis AFP dibunuh Taliban.

Utusan Khusus PBB Untuk Afghanistan Jan Kubis hari Kamis menyerukan kepada warga Afghanistan untuk tidak membiarkan siapapun menghalangi hak mereka untuk memberikan suara.

Jan Kubis mengatakan mungkin akan ada masalah keamanan dan kesulitan, tetapi warga Afganistan jauh lebih siap untuk mengikuti pemilu hari Sabtu ini dibandingkan tahun 2009.

Taliban mengklaim bertanggungjawab atas aksi kekerasan terkait pemilu – termasuk bom bunuh diri di luar Kementerian Dalam Negeri Afghanistan – yang menewaskan sedikitnya enam polisi.
XS
SM
MD
LG