Tautan-tautan Akses

AS

AS Nyatakan 2 Warga Rusia sebagai 'Teroris Global Khusus'


Kantor Deplu AS di Washington DC (foto: dok). Departemen Luar Negeri AS menyatakan dua warga Rusia sebagai “teroris global khusus”.

Kantor Deplu AS di Washington DC (foto: dok). Departemen Luar Negeri AS menyatakan dua warga Rusia sebagai “teroris global khusus”.

Deplu AS mengatakan dua warga Rusia keturunan Chechnya, Aslan Avgazarovich Byutukaev dan Ayrat Nasimovich Vatkhitov secara aktif terlibat dalam terorisme global.

Departemen Luar Negeri Amerika telah menyatakan dua warga Rusia sebagai “teroris global yang ditunjuk secara khusus”, termasuk satu orang yang menurut pejabat Amerika dinilai bertanggungjawab atas serangan mematikan di Moskow.

Menurut Departemen Luar Negeri Amerika, Aslan Avgazarovich Byutukaev – yang juga dikenal sebagai Amir Khamzat – adalah pemimpin ISIS di Chechnya.

Dalam pernyataannya, Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan sejak menjadi pemimpin ISIS 13 bulan lalu, Byutukaev telah merencanakan beberapa serangan bagi kelompok teroris tersebut. Ditambahkan, pasukan khusus Rusia November 2015 lalu menemukan sejumlah besar bom yang disembunyikan di sisi jalan di Ingushetia, menggagalkan serangan ISIS yang direncanakan oleh Byutukaev.

Pejabat-pejabat Departemen Luar Negeri juga mengatakan Byutukaev memerintahkan serangan bunuh diri tahun 2011 yang menewaskan 35 orang di sebuah bandara di ibukota Moskow – Rusia.

Secara terpisah Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Ayrat Nasimovich Vakhitov – yang juga dikenal dengan nama Salman Bulgarsky – telah bertempur di Suriah dan merekrut militan untuk berangkat ke Suriah dengan menggunakan internet. Pejabat-pejabat itu mengatakan Bulgarsky terkait dengan kelompok Jaysh Al Muhajjirin Wal Ansar.

“Pengumuman ini memberitahukan kepada masyarakat Amerika dan internasional bahwa Aslan Avgazarovich Byutukaev dan Ayrat Nasimovich Vatkhitov secara aktif terlibat dalam terorisme,” tulis Departemen Luar Negeri Amerika.

Pengumuman ini melarang warga Amerika berinteraksi dengan keduanya dan membekukan asset apapun milik mereka yang berada di wilayah jurisdiksi Amerika. [em]

XS
SM
MD
LG