Tautan-tautan Akses

Dua Warga AS yang Dibebaskan Iran, Tiba di Oman


Dua warga AS, Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal dibebaskan setelah membayar uang jaminan 1 juta dolar AS.

Dua warga AS, Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal dibebaskan setelah membayar uang jaminan 1 juta dolar AS.

Pesawat yang membawa Shane Bauer dan Josh Fattal yang ditahan sejak tahun 2009, tiba di ibukota Oman, Muscat, hari Rabu sore.

Dua warga Amerika yang telah dipenjara di Iran sejak tahun 2009 atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata, tiba di Oman dan disambut oleh keluarga mereka dalam suatu reuni yang membahagiakan.

Pesawat yang membawa Shane Bauer dan Josh Fattal tiba di ibukota Oman, Muscat, hari Rabu sore. Ini merupakan bagian pertama dari perjalanan mereka kembali ke Amerika.

Stasiun televisi CNN mengutip para pejabat Oman yang mengatakan kedua laki-laki itu tampaknya akan tinggal di Oman selama satu atau dua hari sebelum berangkat ke Amerika.

Shane Bauer dan Josh Fattal diserahkan ke delegasi Oman Rabu pagi setelah seorang hakim menyetujui perintah pembebasan mereka dengan uang jaminan gabungan bernilai satu juta dolar.

Pihak berwenang Iran menahan Shane Bauer, Josh Fattal dan warga Amerika ketiga – Sarah Shourd – atas tuduhan mata-mata pada tahun 2009. Teheran mengatakan mereka menyeberang secara ilegal ke wilayah Iran dari Irak. Iran membebaskan Sarah Shourd tahun lalu dengan uang jaminan 500 ribu dolar dan ia telah kembali ke Amerika.

Keluarga ketiga pengelana itu telah memberikan pernyataan, yang menyatakan perasaan lega atas pembebasan Shane Bauer dan Josh Fattal “tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata”. Mereka juga menyatakan ingin memeluk kedua laki-laki tersebut dan “memenuhi kerinduan selama dua tahun ini”.

XS
SM
MD
LG