Tautan-tautan Akses

2 Tewas dan 7 Ditangkap dalam Penyerbuan Polisi di Pinggiran Paris

  • Lisa Bryant

Polisi melakukan penyerbuan ke kawasan Saint-Denis di pinggiran Paris, di mana Abdelhamid Abaaoud, tersangka otak serangan Paris diduga berada, hari Rabu (18/11).

Polisi melakukan penyerbuan ke kawasan Saint-Denis di pinggiran Paris, di mana Abdelhamid Abaaoud, tersangka otak serangan Paris diduga berada, hari Rabu (18/11).

Serbuan polisi di pinggiran Kota Paris berakhir setelah berlangsung tujuh jam hari Rabu (18/11), dengan dua orang tewas, tujuh ditangkap, tetapi nasib tersangka pelaku utama serangan hari Jumat (13/11) lalu di ibukota Perancis itu belum jelas.

Jaksa Paris Francois Molins mengukuhkan bahwa para pejabat sedang mencari Abdelhamid Abaaoud, warga negara Belgia asal Maroko, tetapi tidak segera mengkonfirmasi bahwa Abaaoud berada di tempat razia itu.

Molins mengatakan kepada wartawan bahwa serbuan itu terjadi Rabu (18/11) pagi setelah penyadapan telepon dan operasi pengintaian membuat pihak berwenang yakin Abaaoud mungkin berada di kawasan Saint-Denis, di dekat stadion sepak bola yang merupakan salah satu tempat serangan pekan lalu di Paris.

Kantor kejaksaan mengatakan korban tewas termasuk seorang wanita yang meledakkan rompi peledak dan seorang militan lain. Tujuh orang lagi ditahan selama razia di sebuah apartemen di bagian tengah kota. Tiga polisi luka-luka dan seekor anjing polisi mati dalam operasi itu.

Molins mengatakan pihak berwenang berusaha memverifikasi identitas mereka yang terlibat dalam serangan di Paris lalu. Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan negaranya sedang berperang melawan teroris ISIS dan ingin membentuk koalisi besar untuk menarget militan.

Presiden Hollande segera berbicara dengan Walikota Prancis seusai serbuan polisi di Saint-Denis itu berakhir. Dia menguraikan langkah-langkah untuk memerangi kelompok ISIS, yang telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Dia telah mengusulkan perubahan konstitusi Perancis agar bisa lebih baik menghadapi terorisme dan krisis-krisis lainnya. Misalnya, mencabut kewarganegaraan Perancis bagi orang-orang berkewarganegaraan ganda yang terbukti melakukan aksi teror. Dia juga mengatakan para pencari suaka bisa ditolak masuk atau status mereka dicabut kalau berpotensi menjadi ancaman terhadap Perancis.

Proposal Hollande ini telah menimbulkan kritik dari aktivis HAM.

Hollande mengatakan kapal induk Perancis Charles de Gaulle dikirim untuk membantu operasi militer Perancis di Suriah melawan ISIS.

Pesawat-pesawat tempur Prancis meningkatkan serangan udara pada hari ketiga terhadap kelompok ISIS di Suriah, menyasar ibukota de facto militan itu di Raqqa. Kementerian Pertahanan Perancis mengatakan 10 pesawat tempurnya ikut dalam serangan udara terbaru dan membom dua pusat komando.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia di London mengatakan 33 laskar ISIS tewas akibat serangan udara militer Perancis dan serangan militer lainnya dalam tiga hari belakangan.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan militan ISIS "akan merasakan tekanan yang bahkan lebih besar" dalam beberapa minggu mendatang karena Amerika, Perancis dan negara-negara sekutu lainnya akan meningkatkan usaha mereka menumpas ISIS. [sp/th]

XS
SM
MD
LG